Ridwan Saidi: Ahok Dan Jokowi Kembar Siam, Beda Telor


SuaraNetizen.com - Budayawan Betawi Ridwan Saidi sebut Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memiliki satu kepentingan yang sama. Salah satunya di Pilpres tahun 2019 mendatang.

"Memang Ahok dan Jokowi kembar siam, beda telor. Perilaku dan behaviornya itu sama. Mereka punya agenda di Pilpres 2019," kata Ridwan dalam diskusi publik yang digelar eksponen HMI, bertema "Kasus Ahok, Menyasar Jokowi?" di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2016).

Menurut Ridwan, agenda Jokowi dan Ahok tidak terlepas dari bantuan pemilik dana yang biasa disebut dengan istilah 9 naga. Namun, Ridwan sendiri menyebutnya dengan istilah 9 barongsai.

"Mereka (Jokowi dan Ahok) sudah kuasai sumber dana. Saya tidak mau bilang 9 naga, tapi 9 barongsai," ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, 9 barongsai yang merupakan sumber dana kepentingan Jokowi dan Ahok saat ini dipertaruhkan dalam proyek reklamasi teluk Jakarta. Akan tetapi, reklamasi itu hingga saat ini masih mandek dan membuat Jokowi sebagai presiden gelisah.

"9 barongsai itu pertaruhkan investasinya di reklamasi, reklamasi tidak bisa jalan. Apalagi setelah Ahok sekarang tersangka," kata Ridwan.

"Dengan demikian, ini mendorong kegelisahan Jokowi. Sehingga dia keliling kesana, kemari dengan tujuan yang tidak jelas," Ridwan menambahkan.

Ridwan juga sebut Jokowi tidak begitu paham politik, sehingga pemerintahannya dipandang Ridwan tidak memiliki konsep.

"Jadi begitulah dia (Jokowi) jadi presiden. Dia pergi kesana kemari, tapi tidak ada konsep, tidak ada apa-apa. Karena dia tidak terlatih dalam politik," kata Ridwan. (Suaracom)
loading...