Pohon Tropis Tertinggi di Dunia Ternyata ada di Kalimantan, Sebanding 6 Kali Ikan Paus, Lihat deh


Kalimantan sudah lama dikenal sebagai tempat paling ramah bagi flora dan fauna.

Tahukah kalian, jika pohon tropis tertinggi di dunia juga ada di pulau ini.

Pohon setinggi 309 kaki atau lebih dari 94 meter itu mengalahkan pohon tropis tertinggi yang sebelumnya juga ditemukan di Malaysia yakni setinggi 294 kaki.

Gregory Asner dari Carnegie Institution for Science di Stanford University mengungkapkan, pohon dari Kalimantan memecahkan rekor baru di Heart of Borneo pada 10 November lalu.

Asner berkeliling dengan helikopter yang didanai oleh sutradara film James Cameron dan Program Pembangunan PBB.

Ia memeriksa pohon dengan mata kepalanya sendiri.

Ia pun takjub menyaksikan pohon itu terlihat paling mencolok dan diapit pohon-pohon lain yang lebih kecil.

  
YouTube
Pangeran William dan Kate Middleton

Dr. Glen Reynolds, direktur Asia Tenggara Rainforest Research Partnership mengatakan, "pohon seukuran ini dengan usia yang sama tidak akan dijumpai di hutan lain. Jadi, sangat penting bagi kita menjaga raksasa langka ini."

Ketinggian 309 kaki itu dibandingkan Asner dengan 6 kali ukuran paus kepala kotak yang rata-rata hanya sepanjang 52 kaki.

Meskipun menjulang tinggi, pohon ini belum mampu mengalahkan jenis pohon non-tropis tertinggi di Bumi yang tumbuh di California Redwood National Park dengan ketinggian mencapai 377 kaki.

Di Kalimantan juga, Pangeran Inggris, William dan Kate Middleton juga pernah naik ke pohon setinggi 130 kaki atau sekitar 39 meter. (Tribuntravel)

loading...