Pengamat Politik: Fahri Manfaatkan Demo 4 Nov untuk Memuluskan Rencana Penggulingan Jokowi

SuaraNetizen.com - Video pernyataan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat berorasi dalam unjuk rasa pada Jumat (4/11/2017) lalu, terus menghiasi media sosial saat ini. Isi pernyataan Fahri yang terang-terangan menyampaikan cara menjatuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini pun terus menuai kecaman publik luas saat ini.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe, pernyataan Fahri Hamzah syarat kepentingan politik dari substansi aksi unjuk rasa ormas keagamaan. Fahri secara gamblang menyampaikan cara menjatuhkan Presiden Jokowi, sesunggunya upaya menggunakan jabatan untuk kepentingan kelompok.

"Video pernyataan Fahri Hamzah sudah beredar luas di tengah masyarakat, tidak ada yang disembunyikan. Dengan jelas dia katakan cara menjatuhkan Presiden Jokowi dengan dua cara, yakni dengan cara parlamen dalam ruangan dan cara parlamen jalanan. Pernyataan ini gambaran nyata Fahri Hamzah berunjuk rasa untuk tujuan politik atau sarat kepentingan dengan mengabaikan substansi aksi ormas keagamaan tersebut", kata Ramses kepada Netralnews.com, Selasa (8/11/2016).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Fahri Hamzah menggunakan panggung aksi unjuk rasa tersebut untuk memuluskan rencana menumbangkan Presiden Jokowi. Ini berdasarkan analisis politik dan relevansi ucapan Fahri Hamzah saat orasi berlangsung.

Disebut Ramses, upaya menumbangkan Presiden Jokowi terlalu jauh dari subtansi persoalan. Para ulama dan ustad yang hadir dalam aksi saja pun tidak pernah menyampaikan pernyataan seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPR tersebut, berarti ada agenda lain yang dirancang secara sadar dan sistematis yang dilakukan politisi PKS tersebut.

"Analisis politik saya menjelaskan, Fahri Hamzah menggunakan panggung aksi unjuk rasa itu untuk memuluskan rencana menumbangkan presiden. Upaya menumbangkan presiden terlalu jauh dari subtansi persoalan. Para ulama dan ustad yang hadir dalam aksi saja tidak pernah menyampaikan pernyataan seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPR tersebut, berarti ada agenda lain yang dirancang secara sadar dan sistematis yang dilakukan Fahri Hamzah" tegasnya. (Netralnews)

loading...