Gini Kata Tetangga Soal Sosok Abu Uwais Si Tersangka Provokator Isu Rush Money

Jakarta - Guru SMK, AR (31) atau pemilik akun Facebook Abu Uwais, ditangkap Bareskrim Polri terkait penyebaran isu rush money via media sosial. Seperti apa sosoknya di mata tetangga?

Rumah Abu Uwais berada di gang padat di Kelurahan Penjagalan, Penjaringan, Jakarta Utara. Satu rumah dengan yang lain saling berimpitan. Meski demikian, warga setempat Fadli, menyebut hubungan antar tetangga tidak terlalu akrab. 

"Abu Uwais siapa? Di sini banyak nama alias soalnya," kata Fadli saat detikcom menyinggung nama Abu Uwais, Sabtu (26/11/2016). Rumah Fadli berjarak 25-an meter dari rumah Abu Uwais. 

Saat detikcom menunjuk rumah Abu Uwais, Fadli langsung paham. "Oh guru itu? Kita tahunya guru aja, nggak tahu ngajar di mana. Yang saya tahu sih orangnya baik," jelasnya.

Fadli mengaku tak tahu permasalahan Abu Uwais. Bahkan sampai berurusan dengan aparat penegak hukum. "Kita tetanggaan di gang padat gini, orangnya cuek-cuek. Kita juga nggak mau tahu urusan orang. Setahu saya, dia (Abu Uwais) sering kumpul sama majelisnya," ungkapnya.

Abu Uwais yang merupakan guru SMK di Pluit, kini berstatus tersangka. Postingan di Facebooknya dinilai polisi bernada menghasut dan provokatif. Isi postingan tersebut salah satunya: "Aksi "RushMoney" mulai berjalan.. Ayo ambil uang kita dari bank milik komunis". Postingan ini disertai foto-foto uang seolah-olah memang ada penarikan uang dalam jumlah besar.

Abu Uwais dijerat Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun. Berdasarkan penjelasan Polri, selain kasus Abu Uwais, ada 70-an postingan di medsos yang bernada menghasut dan saat ini masih diselidiki.(detik)

loading...