Donald Trump Diambang Kemenangan Pilpres Amerika

Donald Trump Menangi Pilpres Amerika ? - Tiba-tiba jalan kemenangan bagi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump menjadi jauh lebih lapang, lapor Washington Post dalam lamannya, hari ini.

Tanda kemenangan Trump terlihat ketika dia merebut dua negara bagian massa mengambang (swing state) penting, yakni Ohio dan Florida yang empat tahun lalu memilih calon presiden dari Partai Demokrat, Barack Obama.

Trump kini juga kini tengah berada di jalan untuk memenangkan Pennsylvania dan North Carolina, serta Michigan atau Wisconsin yang empat tahun lalu memilih Obama dari Demokrat.

Menurut Washington Post, jika dia menang di Michigan atau Wisconsin, North Carolina dan New Hampshire, maka Trump adalah pemenang Pemilu AS kali ini.

Berikut negara-negara bagian yang sudah dimenangkan oleh Donald Trump yang sudah 20 negara bagian atau 197 suara elektoral:
 1. Indiana
 2. Kentucky
 3. West Virginia
 4. Tennessee
 5. South Carolina
 6. Alabama
 7. Mississippi
 8. Lousiana
 9. Arkansas
10. Texas
11. Oklahoma
12. Kansas
13. Nebraska
14. South Dakota
15. North Dakota
16. Montana
17. Wyoming
18. Montana
19. Florida
20. Ohio

Sebaliknya Hillary Clinton baru memenangkan 131 suara elektoral dari 13 negara bagian. Ketigabelas negara bagian itu adalah:

 1. New York
 2. Vermont
 3. Connecticut
 4. New Jersey
 5. Massachussets
 6. Delaware
 7. Maryland
 8. Rhode Island
 9. Illinois
10. Washington DC
11. New Mexico
12. Colorado
13. Virginia
 
Setelah kehilangan Ohio dan Florida, Hillary tinggal mengharapkan suara dari basis-basis Demokrat di Washington, Oregon, California, Nevada, Minnesota, Pennsylvania, Maine, Iowa dan New Hampshire yang empat tahun silam memilih wakil Demokrat, Barack Obama. (ANTARA News)

loading...