Ahok Ditetapkan Jadi Tersangka Penistaan Agama, Polri Minta Masyarakat Untuk Menerima

Ahok Jadi Tersangka Penistaan Agama - Bareskrim Polri telah mengumumkan hasil gelar perkara terbuka kasus dugaan penistaan agama Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok), hari ini. Hasilnya Ahok resmi jadi tersangka penistaan agama, hasil itu diumumkan setelah penyidik merumuskan keterangan, bukti dan pendapat saksi ahli pada Selasa kemarin.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta masyarakat menghargai hasil gelar perkara yang berjalan sesuai prosedur hukum. Ditegaskan dia, Polri sudah bekerja sesuai prosedur hukum dan objektif.

"Saya minta cuma satu hargai hukum. Para penegak hukum bekerja profesional dan objektif," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/11).

Tito menegaskan, para penyidik bekerja sesuai tupoksinya. Tidak ada intervensi atau perintah dari siapa pun untuk memutuskan hasil gelar perkara.

"Mereka bukan bekerja atas perintah siapa siapa tapi perintah hukum," tegas mantan Kapolda Banten itu.

Mantan Kepala BNPT ini pun dengan tegas menyatakan Polri tidak melindungi pihak mana pun dalam kasus dugaan penistaan agama tersebut. Menurut dia, dengan menghadirkan semua pihak termasuk Ombudsman dan Kompolnas sebagai pengawas jalannya gelar perkara, Polri bisa membuktikan jika pengusutan kasus dugaan penistaan agama berjalan dengan transparan dan profesional.

"Kami tidak melindungi. Semua dihadirkan Ombudsman ada, Kompolnas ada, semua pihak sampaikan. Berjalan sesuai mekanisme dan penuh keterbukaan sekarang tinggal tunggu hasilnya," pungkas Tito.

loading...