Solusi Kampung Kumuh, Anies akan Lanjutkan Program Kampung Deret

  

Program Anies untuk Jakarta - Bakal cagub DKI Jakarta Anies Baswedan bertekad menyempurnakan konsep penataan kampung deret yang pernah digagas Presiden Joko Widodo saat menjadi Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kita ke depan ingin menata (kampung) salah satunya dengan konsep kampung deret ini,” kata Anies di sela-sela blusukan ke Kelurahan Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu, 22 Oktober 2016 kemarin.

Anies menambahkan, penataan permukiman penduduk di Ibu Kota ke depan haruslah melibatkan unsur masyarakat. Baik itu warga terkait maupun unsur masyarakat lainnya, seperti para seniman, budayawan, maupun pekerja sosial.

“Jadi bukan hanya pemerintah datang dengan konsep, tapi mengajak warga masyarakat untuk terlibat,” tambah Anies. Menurut Anies, terbangunnya kebersamaan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam setiap sektor pembangunan, maka berbagai persoalan sosial yang muncul dapat teratasi.

Termasuk, pencegahan berbagai potensi kebakaran dan kebutuhan air bersih di kawasan padat penduduk seperti di Tambora. “Karena itu, RT/RW, majelis taklim diaktifkan, bahkan diperkuat dengan begitu persoalan-persoalan di tingkat kampung bisa diselesaikan dengan cepat,” tuturnya.

Soal agenda blusukan ke permukiman-permukiman padat penduduk di Jakarta, Anies mengaku hal tersebut menyenangkan dan bukan melelahkan. Berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat jangan sampai hanya tertuang dalam catatan angka-angka.

“Megubah nasib bukan soal angka statistik ekonomi, itu soal perasaan. Maka saya selalu harus menggarisbawahi bahwa solusi yang harus diberikan dalam pembangunan Jakarta ke depan harus memperhatikan aspek-aspek kemanusiaan,"ucapnya. (Sindonews/SuaraNetizen)

loading...