Ratna Sarumpaet: Harusnya Ahok Ditangkap Saja Biar Jera

  

SuaraNetizen.com - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Ratna Sarumpaet, ikut angkat suara terkait permohonan maaf yang dilakukan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), terkait pernyataannya tentang Surat Al Maidah yang menjadi polemik belakangan ini.

Ibu dari artis cantik Atiqah Hasiholan ini mengatakan, meski Ahok telah meminta maaf namun hal itu tidak akan menghapus proses hukum yang telah berjalan.

"Permohonan maaf itu tidak berarti membatalkan laporan dan bahkan sebenarnya ini menjadi bukti kuat bahwa Ahok telah mengakui kesalahannya," tutur Ratna dikutip dari jurnas, Selasa (11/10).

Lebih jauh, Ibunda aktris Atiqah Hasiholan itu menyesalkan tindakan Ahok yang notabene sebagai pemimpin Ibu Kota telah memantik isu SARA. Sebagai pejabat, kata Ratna, semestinya Ahok berpikir panjang sebelum bertindak atau pun mengeluarkan pernyataan.

"Makanya kalo ngomong dipikir dulu. Setelah melihat gejolak besar dari berbagai gelombang besar di Indonesia baru dia minta maaf, gubernur kok begitu," cetus Ratna kesal.

Atas tindakan Ahok itu, Ratna pun mendesak Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, bertindak represif mengusut dugaan penistaan agama yang dilakukan mantan Bupati Belitung Timur itu.

"Kan katanya Pak Tito mau bikin gebrakan promoter dan reformasi di Polri, sekarang berikan contoh yang baik pada rakyat. Jangan tebang pilih dan jangan takut tekanan dari mana pun," tegasnya.

Ratna mengatakan tindakan Ahok telah menginjak injak konstitusi negara kita yakni pasal 28 UUD 45 tentang kebebasan beragama.

"Harusnya ditangkap saja itu orang. Biar jera dan memberikan pelajaran bagi masyarakat Indonesia," pungkas Ratna.

loading...