Ngiler, Penambang Kampung ini Temukan Batu Permata seberat 175 ton seharga Rp2,2 Triliun

Batu permata adalah sebuah batu mineral yang dibentuk dari hasil geologi yang terdiri dari beberapa unsur, termasuk unsur kimia. Umumnya, jika sebuah batu telah melalui tahap pemolesan dan sudah menjadi perhiasan, harga jualnya bisa mencapai selangit!

Baru-baru ini dikabarkan bahwa beberapa pekerja tambang di Myanmar secara tidak sengaja menemukan batu permata yang sangat besar. Batu permata tersebut digadang-gadang sebagai batu permata terberat ke-2 di dunia dan menjadi paling mahal sedunia, yaitu seharga Rp2,2 triliun!

Para pekerja tambang Myanmar menemukan batu permata tersebut di Negara Bagian Kachin, Myanmar. Dilansir dari Daily Mail, saat sedang menggali ditemukanlah batu seberat 175 tontersebut dengan tinggi 2,7 meter, panjang dan lebar 5,4 meter.

Menurut para pakar, batu tersebut akan berwarna hijau jika sudah dibersihkan. Batu seberat 175 ton tersebut langsung menjadi batu permata terberat kedua setelah batu permata terberat pertama diIstana Buddha, Cina yang memiliki berat 260 ton.

"Kami menganggap temuan ini seperti menang lotre. Tapi benda ini milik negara, sebagai penghormatan kepada para pemimpin kami," ujar salah seorang pekerja tambang bernama Sao Min, 44 tahun.

Seorang politikus bernama U Tint Soe mengatakan bahwa ukuran batu permata 175 ton tersebut setara dengan rumah kecil yang masing-masing memiliki ukuran 2,7 meter persegi.

Diketahui juga bahwa Myanmar merupakan salah satu produsen batu permata terbesar di dunia, dengan penghasilan sebesar USD 50 miliar per tahun. Untuk saat ini, harga untuk sebuah batu permata berkisar Rp13 juta sampai Rp18 juta per kilogram. (Vabyo)

loading...