ISIS Ledakkan Pabrik Kimia untuk Menghambat Pasukan Irak, Warga Sipil Jadi Korban

  

BAGHDAD - ISIS dilaporkan membakar pabrik kimianya sehingga membuat medan perang di Mosul tertutup asap racun belerang. Hal ini dilakukan untuk menghambat serangan pasukan Irak.

Akibat tindakan ISIS tersebut, warga sipil tak berdosa yang mencoba melarikan diri dari menderita mimisan dan batuk ekstrim karena terpapar gas beracun seperti dikutip dari lamanExpress, Minggu (23/10/2016).

Pemimpin militer Irak, Jenderal Qusay Hamid Kadhem mengatakan ISIS telah meledakkan pabrik belerang dua hari lalu dan telah menyebabkan dua warga ipil tewas di desa dekat Mosul. "Tentu saja ini mempengaruhi kemajuan yang kami rencanakan," katanya.

Ini bukan pertama kalinya kelompk ekstrimis tersebut melakukan serangan kimia. Para pejabat militer telah mulai menguji fragmen dari roket yang digunakan ISIS guna mengetahui apakah mengandung bahan kimia atau tidak. Hal ini dilakukan setelah ISIS menggunakan gas mustard dalam sejumlah serangan beberapa bulan terakhir.

Pasukan koalisi yang mencoba untuk membebaskan Mosul dari cengkeraman kejahatan ISIS sendiri telah menggunakan masker gas sebagai tindakan antisipasi jika ISIS menggunakan senjata kimia.

loading...