Inilah Cara AS Memasok Senjata untuk ISIS yang Sedang Kocar-kacir di Irak

DIYALA – Helikopter koalisi yang dipimpin AS memasok sejumlah besar senjata dan peralatan militer untuk teroris ISIS yang ditempatkan di provinsi Diyala Irak, demikian dilaporkan media Arab, mengutip dari seorang pejabat keamanan yang tidak disebutkan namanya.

Situs berita Al-Waqt mengutip sumber keamanan, mengatakan bahwa minggu lalu dua helikopter militer milik koalisi pimpinan AS menurunkan senjata dan peralatan di dekat Danau Hamrin di Tal Salimeh wilayah provinsi Diyala setelah sejumlah teroris di mana beberapa teroris kemudian dengan menggunakan perahu tibadi Danau dan memuat senjata serta amunisi itu kemudian membawanya ke zona operasi ISIS.


Menurut sumber, para militan di perahu itu berafiliasi dengan kelompok teroris ISIS. AS memang memiliki catatan panjang dukungan terang-terangan untuk kelompok teroris itu di Irak dan negara tetangganya, Suriah.

Pada bulan Februari 2015, seorang pejabat provinsi Irak mengecam negara-negara Barat dan sekutu regional mereka karena mendukung Takfiri teroris di Irak, mengungkapkan bahwa pesawat AS masih terus menurunkan senjata dan bahan makanan untuk para teroris ISIS. 


“Pesawat-pesawat AS telah menjatuhkan senjata untuk teroris ISIS di daerah yang dikuasai ISIS dan bahkan di daerah-daerah yang baru-baru ini dibebaskan dari kontrol ISIS demi mendorong para teroris ini untuk kembali menguasai tempat-tempat tersebut,” ujar Koordinator pasukan populer Irak, Jafar al Jaberi kepada FNA.

Ia mencatat bahwa ada seorang saksi mata di Al-Havijeh provinsi Kirkuk, telah menyaksikan pesawat AS menjatuhkan beberapa parsel yang mencurigakan untuk teroris ISIS di provinsi ini. (Ara)

loading...