Ini Kata Roy Suryo Soal Google Mengubah 'Bersih Karena Foke' Jadi 'Bersih Karena Ahok'


Jakarta - Pakar telematika Roy Suryo ikut angkat bicara soal sungai bersih. Menurutnya, mesin pencari Google yang memperbaiki frasa 'sungai bersih karena Foke' menjadi 'sungai bersih karena Ahok' disebabkan banyaknya pemberitaan soal Ahok dan kali bersih.

"Google itu technically, dia mencari kata-kata yang paling banyak diinput," kata Roy, Selasa (4/10/2016).

Roy menjelaskan, Google akan secara otomatis mengoreksi frasa 'sungai bersih karena Ahok' lantaran publikasi media yang begitu gencar. Hal itu berbeda dengan zaman Fauzi Bowo ketika menjabat sebagai gubernur DKI.

"Jadi begini, kalau kita bandingkan dengan pemberitaan yang dulu, Ahok mungkin lebih banyak melakukan publikasi. Jadi, publikasi tentang kali bersih yang disangkutkan dengan Ahok lebih banyak ketika dibandingkan publikasi yang dikaitkan dengan pak Foke," ucap Roy.

Saat Foke menjabat sebagai gubernur DKI, lanjut Roy, publikasi media soal program Pemprov DKI sedikit. Justru yang memberitakan program Pemprov DKI saat itu adalah media internasional.

"Berbeda dengan zaman pak Ahok yang sangat gencar pemberitaan. Sedikit-sedikit berita. Nah, mungkin kata-kata kali bersih Ahok yang ditulis itu lebih banyak dari pada kali bersih karena Foke, gitu loh," ungkap Roy.

Roy menilai, munculnya kata kunci 'kali bersih karena Ahok' bukan ulah tim suskses kampanye Ahok-Djarot. Dengan modal sebagai petahana, Ahok-Djarot sudah dikenal publik, sehingga tidak perlu lagi beriklan di Google.

"Saya nilai ini wajar, artinya normal-normal saja. Bukan sesuatu hal yang luar biasa. Jangan salahkan Google-nya loh yaa. Lucu aja kalau ada yang menyalahkan dan menuduh Google dibeli, ngga sampai ke sanalah," ucapnya.

Sebelumnya, mesin pencari Google jika diminta mencari berita dengan kata kunci 'sungai bersih karena Foke,' menyarankan pengguna mengganti nama Foke dengan Ahok. Hal ini tengah viral di media sosial.

Tak cuma kata kunci 'sungai bersih karena Foke' saja. Jika Anda mengetik kata kunci lainnya, maka Google tetap menyarankan mengganti nama Foke dengan Ahok.

Misal, kata kunci 'Planet Mars bersih karena Foke,' 'Jember bersih karena Foke,' 'rumah saya digusur Foke.' Bahkan, kata kunci 'Foke bersih karena Foke' pun disarankan Google untuk diganti dengan 'Foke bersih karena Ahok.' (metrotvnews)

loading...