Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar agar Tumbuh Sehat dan Indah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar - Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daunyang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemukyang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkotadengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Di antarawarna yang dimiliki oleh mawar adalahputih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Buah mawar (rose hips) dari Rosa canina

Bunga menghasilkan buah agregat(berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar. Spesies dengan bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kedatangan lebah atauserangga lain yang membantu penyerbukansehingga cenderung menghasilkan lebih banyak buah. Mawar hasil pemuliaanmenghasilkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Sebagian buah mawar berwarna merah dengan beberapa perkecualian sepertiRosa pimpinellifolia yang menghasilkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

Pada beberapa spesies seperti Rosa caninadan Rosa rugosa menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin Cbahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya. Buah rose hipsdisukai burung pemakan buah yang membantu penyebaran biji mawar bersama kotoran yang dikeluarkan. Beberapa jenis burung seperti burung Finch juga memakan biji-biji mawar.

Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantaiseperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifoliaberadaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahanpasir yang diterbangkan angin dan melindungiakar dari erosi. Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tanaman mawar. Beberapa spesies mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

Mawar dapat dijangkiti beberapa penyakitseperti karat daun yang merupakan penyakit paling serius. Penyebabnya adalah cendawanPhragmidium mucronatum yang menyebabkan kerontokan daun. Penyakit yang tidak begitu berbahaya seperti Tepung Mildew disebabkan cendawan Sphaerotheca pannosa, sedangkan penyakit Bercak Hitam yang ditandai timbulnya bercak-bercak hitam pada daun disebabkan oleh cendawanDiplocarpon rosae. Mawar juga merupakan makanan bagi larva beberapa spesiesLepidoptera.

Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan(grafting) dapat tumbuh di daerah beriklimsubtropis hingga daerah beriklim tropis.Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk tehjelly, dan selai.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar 

Mawar adalah bunga tradisional, indah, dan harum semerbak, yang dapat Anda tanam di kebun Anda. Tentu “tiap mawar ada durinya,” namun sesungguhnya bunga indah ini tidak perlu banyak perawatan. Semua yang dibutuhkannya hanyalah sedikit perhatian dan tempat cerah dengan drainase yang baik. Bila Anda ingin tahu cara menanam mawar dan melihat mereka tumbuh subur, membawa warna dan kebahagiaan bagi rumah Anda, maka ikuti langkah-langkah berikut:

Bagian 1 dari 4: 
Persiapan Menanam

1

Pilih varian mawar Anda. Varian apa saja akan jadi tambahan yang indah untuk kebun Anda, namun penting untuk mengecek jenis mawar apa yang dapat tumbuh baik di wilayah Anda dengan membaca buku tentang mawar. Anda juga dapat mempertimbangkan tampilan bunga dan ukurannya. Berikut adalah sejumlah varian mawar paling populer dan indah:Floribunda. 

Ini adalah jenis mawar yang paling berwarna-warni; berupa semak yang tumbuh dengan bebas, menciptakan kelompok tiga sampai lima belas bunga sekali tanam (bukan hanya satu).

Semak ini dapat tumbuh sendirian, namun tampilannya akan paling mengesankan bila Anda menanamnya bersebelah-sebelahan membentuk barisan.Hybrid Tea. Inilah salah satu tipe mawar paling populer, tumbuh tegak ke atas satu bunga per tangkai. Inilah jenis mawar yang mungkin paling sering Anda jumpai di toko bunga.Grandiflora. 

Varian mawar yang indah ini adalah perpaduan dari floribunda dan hybrid tea. Dapat tumbuh merambat hingga 180 centimeter dan menciptakan kelompok mawar hybrid tea klasik.Mawar semak dan landscape. Mawar ini punya berbagai bentuk dan ukuran sehingga dapat menyesuaikan diri pada tempat penanamannya.

Mereka tumbuh dekat ke tanah dan naturalnya kebal penyakit; mereka juga memerlukan lebih sedikit perawatan dibanding mawar lain.Mawar merambat Mawar jenis ini menambahkan “rasa” pada kebun Anda. Tipikalnya tumbuh merambat pagar atau teralis.

Batangnya panjang melengkung dan ditumbuhi banyak bunga sehingga mampu menutupi pilar, tembok, atau struktur apapun yang memungkinkannya.Mawar miniatur. Ini merupakan tanaman mawar terkecil dan dapat tumbuh di mana saja, dari 15 hingga 60 centimeter. Mawar jenis ini cocok untuk ditanam dalam pot dan tumbuh dalam ruang sempit.Mawar pohon. Mawar ini memiliki akar yang kuat dan bercabang, menumbuhkan batang panjang lain yang kemudian tumbuh mawar bercabang-cabang di atasnya. Mawar pohon menakjubkan untuk dilihat, namun butuh perawatan lebih agar tanaman ini dapat bertahan hidup selama musim dingin.

2

Tentukan apakah Anda ingin menanam mawar bare root (akar telanjang) atau mawar kontainer. Anda harus dapat membuat pembedaan penting ini, karena cara Anda menanam mawar akan berbeda tergantung dari apakah mawarnya bare root atau kontainer. Keduanya akan perlu ditanam di tanah agar akarnya tumbuh ke bawah, namun Anda harus memilih antara dua bagian di bawah ini untuk mencari tahu tipe mawar pilihan Anda. Berikut yang perlu Anda ketahui mengenai kedua jenis mawar: [1]Bare-root (akar telanjang). Mawar ini tidak ada bunganya, tapi bukan berarti jelek. Artinya tangkai akan mengeluarkan energinya untuk mengembangkan akar, bukan mempertahankan bunga. Anda dapat menanamnya lebih awal pada saat musim tumbuh. Bila Anda menanamnya pada waktu yang tepat dan dengan metode yang benar, mawar ini akan tumbuh lebih cepat dibanding mawar kontainer.Mawar Dalam Kontainer. Keunggulan dari mawar ini adalah sudah ada bunganya dan karenanya jadi terlihat lebih indah saat Anda menanamnya di kebun. Biasanya dijual dalam ukuran 1-galon atau lebih.

3

Pilih tempat menanam Anda. Tempat menanam akan menentukan nasib mawar-mawar Anda, tidak peduli seberapa cantik atau kuatnya mawar itu. Anda harus mencari tempat yang mendapatkan cahaya matahari langsung setidaknya 5-6 jam sehari, apalagi saat pagi. Jika wilayahnya berangin, Anda perlu menanam mawar dekat pelindung, misalnya tembok atau pagar. Berikut sejumlah hal lain yang perlu dipertimbangkan: 

Bila iklimnya panas, harus ada tempat teduh untuk melindungi mawar-mawar dari sengatan matahari. Bila iklimnya dingin, harus ada tembok atau pagar yang cukup hangat untuk melindungi mawar-mawar agar tidak terlalu kedinginan.Tanah harus punya drainase yang baik. Sebelum Anda menanam mawar, gali sebuah lubang dan tuang air ke dalamnya untuk memastikan airnya bisa kering (meresap) dalam beberapa jam. Jika tanah terlalu basah, akar mawar dapat membusuk. Jika kasusnya seperti itu, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menanam mawar Anda dalam raise bed.Pastikan tanah tidak terlalu tebal atau berpasir. Tambahkan materi-materi organik seperti pupuk kotoran sapi, serbuk kayu, atau kompos; hal ini dapat membantu tanah mencapai konsistensi.Jangan menanam mawar Anda dekat pohon atau semak belukar. Mereka akan berebut nutrisi, air, dan cahaya, dan mawar tidak akan menang.Tidak saja tanahnya harus mampu mempertahankan kelembaban, namun juga harus memiliki pH antara 6.5 dan 7.

4

Kumpulkan perlengkapan untuk menanam mawar. Punya mawar dan lokasi sudah merupakan awal yang bagus, tapi Anda harus punya semua perlengkapan berikut. Inilah yang Anda perlukan:PupukJerami/rerumputanGunting kebunSarung tangan kebunKomposSekopPot siram yang terisi penuh

Bagian 2 dari 4: 
Menanam Mawar Bare Root (Akar Telanjang)

1

Tanam mawar enam minggu sebelum musim dingin terakhir di area Anda dan dua minggu setelahnya. Ini saat terbaik untuk menanam mawar bare root. Meskipun Anda dapat membeli mawar kontainer dan lanjut menyiram dan merawat mawar di dalam kontainernya, kalau bicara soal mawar bare root, Anda harus langsung menanamnya segera setelah dibeli, jadi pastikan segala perlengkapan telah siap.

2

Gali lubang yang sedikit lebih besar dari tanaman. Lubangnya harus lebih besar dari akar mawar dan tanah yang menempel pada akarnya sehingga akar punya penopang seiring pertumbuhannya. Itulah yang Anda perlukan untuk menanam setangkai mawar akar telanjang. Namun, banyak tanaman dijual sepaket isi tiga dan menanamya dengan konsidi demikian bisa jadi rencana yang hebat. Bila Anda menanam lebih dari setangkai mawar, Anda harus memastikan mereka ditanam terpisah dengan jarak 60- 90 centimeter, supaya akar-akarnya punya ruang untuk tumbuh. [4]

3

Campurkan kompus dengan tanah.Campurkan dengan baik hingga campurannya membentuk gundukan di dasar lubang yang Anda gali.

4

Letakkan mawar bare root di gundukan tersebut. Bila Anda menanam di iklim yang lebih hangat, Anda harus memposisikan mawar sehingga tunasnya berada 2.5 - 5 centimeter di atas permukaan tanah. Akar harus tertimbun, tapi batang harus di luar tanah.

5

Sekop tanah yang sudah dicampur tadi di sekitar akar. Hal ini akan mencegah terbentuknya kantong udara yang dapat membahayakan mawar Anda. Kemudian, tepuk-tepuk tanah di sekitar akar dengan agak lembut. Teruskan memenuhi lubang dengan tanah campuran tadi hingga ¾ penuh. Kalau Anda menyekop dengan tangan, hati-hati terhadap duri mawar.

6

Sirami lubang dengan air. Biarkan air membasahi seluruh tanah dan kemudian isi lagi lubangnya. Potong batang mawar sampai batang berukuran sekitar 20 centimeter. Lakukan ini dengan cara membuat potongan miring sekitar 0.6 centimeter di atas tunas yang menonjol ke luar.

7

Buat gundukan tanah setinggi 15 cm.Ini untuk melindungi batang mawar dari kekeringan. Dalam dua minggu, tunas akan mulai tumbuh, setelah itu Anda dapat menyingkirkan gundukannya.

8

Injak-injak sedikit gundukannya. Ini merupakan trik lama dalam berkebun yang akan membantu tanaman menahan air lebih baik dan menjaganya agar tidak roboh saat diterjang angin. [5]

Bagian 3 dari 4: 
Menanam Mawar dalam Kontainer

1

Tanam mawar pada akhir musim semi atau awal musim panas. Ini adalah tipikal waktu di mana Anda akan menemukan banyak mawar yang dijual. Mawar-mawar ini lebih rentan terhadap dingin, jadi Anda harus menanamnya pada musim yang tepat. [6]

2

Kurangi kadar embun pada mawar.Jika Anda telah menyimpan mawar dalam kontainer selama beberapa waktu atau mawarnya basah, tunggu hingga embunnya berkurang sedikit sehingga Anda dapat lebih mudah menanamnya. Kalau mawarnya terlalu basah, akar tidak akan tumbuh baik dan Anda bisa kehilangan sejumlah bunga saat Anda mengeluarkannya dari kontainer.

3

Gali lubang yang sedikit lebih besar dari volume akar dan tanah. Hal sama yang Anda lakukan bila menanam mawar bare root. Gunakan sekop untuk menggali lubang ini.

4

Buang kontainernya. Pertama, buang bagian bawah kontainer, kemudian sisinya saat Anda menanamkan kontainer dalam lubang. Lepas sisi-sisi kontainer bagaikan mengupas jeruk. [7]

5

Gemburkan sedikit tanah di sekitar akar. Hal ini akan membuat akarnya terlihat dan makin mudah tumbuh setelah ditanam. Hal ini juga akan meluruskan akar-akar yang awut-awutan akibat ditumbuhkan dalam kontainer yang kecil. Untuk melonggarkan akarnya, Anda dapat membuat sayatan lurus dengan pisau tajam pada tanah. Bukaannya sekitar 2.5 cm agar akarnya bisa terbentuk.

6

Taruh mawar di tengah-tengah lubang. Isi lubangya dengan mawar di atas tanah berbentuk pot sederhana.

7

Buat campuran tanah di sekitar akar (dengan kompos). Hal ini akan menghilangkan kantong udara dan mawar kontainer Anda akan tumbuh kuat.

8

Siram tanaman. Sirami mawarnya, tunggu airnya meresap, dan siram sekali lagi, langkah awal yang baik. Kalau Anda punya rumput-rumputan organik seperti kulit atau serbuk kayu, tambahkan itu pada lapisan atas tanah untuk mempertahankan kegemburan tanah.

Bagian 4 dari 4: 
Merawat Mawar Anda

1

Siram tanaman Anda secara teratur selama 3 sampai 4 minggu setelah menanam. Biasanya ini dilakukan ketika 5 cm lapisan tanah teratas kering. Agar tetap sehat, mawar Anda perlu air dan asupan. [8]

2

Anda harus membasahi permukaan tanah secara berkesinambungan.Empat minggu setelah ditanam, Anda harus mulai membasahi tanah setiap 2 minggu. Lakukan di pagi hari untuk hasil terbaik.

3

Mulai pupuki sekitar 3 bulan setelah ditanam. Taburi serbuk kayu untuk mengontrol kelembaban, suhu, dan mencegah tumbuhnya rumput liar. Juga membantu mengunci nutrisi-nutrisi penting agar mawar Anda tetap sehat. Baca Cara Menumbuhkan Mawar untuk informasi lain terkait cara merawat mawar setelah ditanam.

4

Pangkas mawar Anda. Memangkas mawar untuk mencegahnya tumbuh terlalu lebat dan akan membuatnya tumbuh sehat dan kuat. Semua yang Anda butuhkan adalah gunting tanaman dan mata yang jeli untuk memilah bagian yang harus dibuang. Anda dapat memangkas akar yang menumbuhkan tanaman baru, dan batang-batang sisa yang lebih tipis dari sebatang pensil, yang saling bersinggungan atau bersilangan satu sama lain, atau apapun yang Anda anggap menggangu tampilah mawar Anda.

5

Lindungi mawar Anda terhadap dingin. Saat bulan-bulan dingin, atau ketika tiba-tiba jadi dingin, sebaiknya Anda ambil tindakan untuk menjaga kehidupan mawar indah Anda. Anda harus memendekkan mawar Anda menjadi sekitar 60 cm supaya tanaman tidak terhantam angin. Lalu, Anda harus mengikat batang bersama dengan benang sebagai upaya perlindungan lebih lanjut. [9]Tiap tanaman mawar harus punya gundukan tanah yang segar dan gembur di dekat akarnya.Anda dapat menambahkan lapisan lain dari jerami atau rumput kering pada gundukan untuk perlindungan lebih lanjut.Saat musim semi tiba, Anda boleh membuang segala perlindungannya.

Tips

Jangan siram mawar pada malam hari untuk mencegahnya terkena penyakit jamur.Sebagian penanam mawar merekomendasikan untuk membasahi daun dengan air guna mencegah munculnya aphid (semacam serangga hama).Saat terbaik menanam adalah musim semi. Pilih area menanam yang aliran udaranya baik. Mawar Anda tidak akan tumbuh di tempat yang tertutup rapat.Mawar suka air, tapi air dapat memunculkan jamur dan bakteri jika tidak terpapar sinar matahari (sinar matahari berguna untuk mengeringkan daun dan kuncup). Tanam mawar Anda di bawah cahaya pagi dan ingatlah setidaknya 6 jam cahaya matahari.Sebagian penanam mawar juga menggunakan air sabun untuk mencegah aphid. Tanya para tukang kebun untuk minta nasehat.Mawar tumbuh baik di padang pasir namun memerlukan penyiraman yang dalam.

Selalu periksa mawar Anda dari penyakit.

Info Artikel

Sumber dan Kutipan

Wikipedia

http://id.m.wikihow.com/Menanam-Bunga-Mawar

loading...