Baghdadi Perintahkan Untuk Hancurkan Mosul Jika ISIS Kalah Lawan Militer Irak


SuaraNetizen.com - Sebuah Media resmi Kurdi Irak mengatakan pada hari Minggu (02/10) bahwa para komandan tinggi ISIS, termasuk pemimpin tertingginya Abu Bakr Al-Baghdadi, sudah mulai melarikan diri dari Mosul menuju Suriah, menambahkan bahwa pemimpin kelompok teroris itu telah memerintahkan para militannya untuk menghancurkan kota itu jika kalah dan terpaksa mundur.

“Para komandan ISIS, termasuk al-Baghdadi, telah melarikan diri dari Mosul menuju Suriah,” kata direktur media Partai Demokrat Kurdistan Irak, Saeed Mamouziti.

Ia mengatakan bahwa al-Baghdadi juga telah memerintahkan para pengikutnya untuk menghancurkan Mosul jika mereka kalah dalam perang melawan pasukan militer gabungan Irak.

“Sejumlah 13 teroris ISIS, termasuk 3 komandan senior telah melarikan diri ke kota Raqqa di Suriah dari Mosul,” kata Mamouziti.
Ia menegaskan bahwa antara 7.000 sampai 10.000 teroris ISIS, mayoritas dari mereka warga Arab, telah dikerahkan di Mosul, dan berkata, “Ada 135 warga negara Denmark, 5 warga Inggris dan 115 orang Kurdi antara teroris ISIS di Mosul.”

Sebelumnya pada hari Minggu, sumber-sumber lokal di Niniwe mengungkapkan bahwa ISIS telah melakukan pencarian dari rumah ke rumah di kota Mosul selama lebih dari 10 jam untuk menyita televisi dan ponsel guna mencegah masyarakat dari mendengar berita tentang kemenangan-kemenangan terbaru oleh pasukan militer gabungan Irak di provinsi ini.

“ISIS telah mengambil keputusan-keputusan aneh dan membingungkan seiring dengan tentara dan relawan Irak pasukan (Hashd al-Shaabi) membuat kemajuan luar biasa dalam kota Mosul,” kata sumber informasi lokal. (AR) 

loading...