Anies Menilai Wajar Jika Ada Pihak yang Menuntut Ahok Secara Hukum


SuaraNetizen.com - Wajar jika calon petahana gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dituntut secara hukum atas pernyataannya tentang surat Al-Maidah ayat 51, sebab setiap perkataan dan perbuatan memiliki konsekuensi hukum.

Demikian pandangan calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra dan PKS Anies Baswedan yang disampaikan lewat akun Facebook-nya, pada Sabtu (8/10/2016).

"Apabila ada pihak-pihak yang merasa perlu untuk menuntut secara hukum atas pernyataan itu, maka itu harus dipandang sebagai suatu yang wajar ditempuh dalam sebuah negara hukum seperti Indonesia. Kata dan perbuatan bisa memiliki konsekuensi hukum. Kita harus menghormatinya," ujar Anies.

Sebab menurut mantan rektor Universitas Paramadina ini, di saat begitu banyak pihak berusaha menjaga suasana damai dan saling menghormati, Gubernur Ahok kemudian melontarkan pernyataan yang kontroversial.

"Di Indonesia ini tak terhingga banyaknya orang yang bekomitmen dan bekerja untuk menjaga suasana damai dan saling menghormati. Bukan pekerjaan yang ringan," ujar Anies.

"Mereka semua itu menjaga suasana negeri ini agar terbebas dari sentimen negatif terkait SARA dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Selain itu Anies juga meminta Ahok untuk mengintrospeksi diri sendiri, sebab pernyataan yang dilontarkan Ahok dalam video yang menjadi viral di sosial media tersebut tidaklah tepat dan tidak memiliki relevansinya. (Netralnews)

loading...