Anies Membantah Bahwa Pengunggah Rekaman Pernyataan Ahok adalah Tim Suksesnya


JAKARTA — Anies Baswedan Mengatakan Tidak mengenal Buni Yani, pengunggah video Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tentang Surat Al Madinah ayat 51 di media sosial. Mantan Mendikbud itu membantah bahwa pengunggah rekaman pernyataan Ahok adalah tim suksesnya.

“Saya tidak mengenal dengan namanya Buni Ani yang mengunggah video Ahok tentang surat AL Maidah di media sosial. Banyak yang mengira dia itu tim sukses dari Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Tapi saya katakan saya tidak mengenal beliau” ujar Anies di Majelis Taklim, Kwitang, Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (9/10/2016), dikutip Solopos.com dari Okezone.

Anies menambahkan, Buni Ani yang telah di laporkan ke polisi oleh beberapa pihak karena tindakanya mengunggah video Ahok tentang surat Al Maidah tersebut. Meski demikian, ia mengimbau agar masing-masing pihak menjaga persatuan dan saling menghormati.

“Jadi hormatilah ketika kita tidak saling menghormati akan muncul reaksi dari orang-orang, apalagi yang bertugas di pemerintahan. Jadi jaga persatuan dan kesatuan” tutupnya.

Sebelumnya, Komunitas Advokat Muda Ahok-Djarot (Kotak Adja) melaporkan akun Buni Yani terkait unggahan potongan rekaman video Ahok itu ke Polda Metro Jaya. “Akun itu penyebar awal potongan video pernyataan Ahok yang kemudian dianggap publik berisi penghinaan Alquran dan Islam,” kata Ketua Kotak Adja Muannas Alaidid melalui keterangan tertulis di Jakarta yang diterima Bisnis/JIBI, Jumat (7/10/2016).

Muannas mencurigai penyebaran potongan video itu merupakan salah satu upaya black campaign terhadap pasangan Ahok-Djarot. Tak hanya itu, Kotak Adja juga menemukan akun tersebut menyebarkan formulir registrasi untuk mendukung salah satu pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Jakarta 2017.

Akun Buni Yani sendiri mengklarifikasi tudingan tersebut dan menanggapi pelaporan dirinya ke polisi. Dia mengaku posisinya hanya sebagai peneliti media dan mantan praktisi media. 

loading...