Marquez Menangi MotoGP Aragon, Lorenzo Kedua, Rossi Juara Tiga


MotoGP Aragon - Ketiga pebalap unggulan ini kembali terlibat pertarungan sengit di posisi terdepan. Marc Marquez tampil sebagai juara, mendahului Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Demikian hasil lomba MotoGP Aragon yang berlangsung hari Minggu (25/9/2016) petang WIB. Bagi Marquez, itulah kemenangan dia yang keempat di musim ini, sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan nilai 248.

Lorenzo yang finis sebagai runner-up, memangkas selisih poinnya dengan Rossi menjadi 14. Sedangkan Rossi, yang belum pernah juara di Aragon, harus puas di tempat ketiga dan kini tertinggal 52 angka dari Marquez di posisi kedua klasemen.

Jalannya lomba

Marquez hanya satu tikungan memimpin lomba saat start, karena tempatnya segera diambil Lorenzo. Di tikungan kedua mereka berpacu dalam jarak sangat rapat, sedikit bersentuhan.

Di situlah Vinales mengambil momen dan menyalip keduanya dari sudut dalam. Ia berhasil mengamankan posisinya itu sampai lap pertama rampung, diikuti Marquez, Lorenzo, Rossi, dan Andrea Dovizioso.

Di akhir lap kedua giliran Marquez yang berhasil mengalahkan Vinales. Namun di lap berikutnya ia melebar dan langsung tercecer di posisi keempat, sedangkan Vinales kembali memimpin.

Rossi mulai beraksi di lap keempat dengan menyalip Lorenzo untuk langsung menguntit Vinales. Tiga lap berikutnya The Doctor bahkan berhasil mengalahkan Vinales di tikungan dan merebut posisi terdepan.

Adu balap mulai lebih sengit menjelang paruh pertama lomba. Di lap kesembilan Vinales berturut-turut disusul Marquez lalu Lorenzo. Itu berarti "trio" Rossi, Marquez, dan Lorenzo, mulai "berbaris".

Marquez mendapatkan kecepatan yang sangat bagus karena terus merapatkan jaraknya dengan Rossi, dari 0,5 menjadi 0,3 detik di lap ke-10. Dan akhirnya, di akhir lap 11, ia berhasil menyalip Rossi saat agak mengambil sisi luar tikungan.

Saat mengalahkan Rossi, Marquez tampak mengangkat sedikit roda depannya. Sementara itu Lorenzo masih sibuk mengatasi Vinales yang belum menyerah untuk kembali merangsek ke depan.

Ketika Marquez mulai stabil di depan, Rossi tampak mulai melambat. Di lap 18 ia cukup mudah dilewati Lorenzo. Sampai lima lap berikutnya Rossi terus berusaha mengejar Lorenzo, tapi sepertinya sudah mentok.

Di lap 22 Rossi agak memaksakan diri untuk mengambil jalur lurus menjelang tikungan, sehingga berakibat dia malah keluar jalur. Lorenzo pun aman dan semakin berjarak dengan rekan setimnya itu.

Marquez tampil sebagai juara dengan catatan waktu 41 menit 57,678 detik.

(a2s/krs/detik) 

loading...