Indosiar Klarifikasi Berita Hoax Muslim Syiah Iran Ibadah Haji ke Karbala (Ada yg Kejang kejang)


Indosiar Klarifikasi Berita Hoax Muslim Syiah Iran Ibadah Haji ke Karbala (Ada yg Kejang kejang)

September 14, 2016

SuaraNetizen.com – Netizen beberapa hari ini dihebohkan oleh berita kaum syiah Iran berhaji ke Karbala. 

Berita ini heboh setelah sebelumnya stasiun tv swasta Indosiar dalam program siaran Fokus Pagi senin (12/9) memberitakan jamaah haji Iran melakukan wukuf di Karbala menyusul adanya pelarangan dari pihak Arab Saudi untuk jamaah dari Iran memasuki tanah suci Mekah pada musim haji tahun ini, pada siaran Fokus Pagi (14/9) pihak Indosiar mengklarifikasi adanya kesalahan pada berita tersebut.

Lihat video indosiar klarifikasi beritanya yang salah:

https://youtu.be/hgZD3tWypTY

Indosiar dalam beritanya tersebut mengklarifikasi bahwa yang dilakukan warga Iran di kota Karbala adalah ziarah ke makam Imam Husain  dan bukannya haji sebagaimana yang dituduhkan sebagian pihak, sebab pada tahun-tahun sebelumnya, sebagaimana umat muslim dari berbagai negara lainnya, umat Islam Iran (kaum syiah) juga turut melaksanakan ibadah haji.

Indosiar juga menyebutkan, pada tanggal 9 Dzulhijjah (11/9) yang dikenal dengan hari Arafah, umat Islam Iran melakukan pembacaan doa Arafah di makam Imam Husain ra di Karbala dan bukan melakukan wukuf sebagaimana pada penayangan berita sebelumnya.

Redaksi Fokus Pagi Indosiar mengaku telah melakukan kesalahan, dan pada pemberitaan Fokus Pagi rabu (14/9) Indosiar memperbaiki kekeliruan tersebut dengan melansir berita yang sebenarnya.

Berita Indosiar yang menyebutkan, Muslim Syiah Iran melakukan wukuf di Karbala pada ahad (11/9) menjadi viral di media sosial. Para haters Iran yang mayoritas salafy wahabibmemanfaatkan kesalahan berita tersebut dengan segera menyimpulkan bahwa wukuf di Karbala menjadi bukti bahwa umat Syiah bukan bagian dari kaum muslimin karena telah melakukan haji sendiri di Karbala yang mereka sebut “Haji Tandingan”.

Berita klarifikasi ini menjadi pukulan telak bagi situs situs radikal yang terlanjur girang dengan berita hoax kaum syiah hajinya pindah ke Karbala. 


http://www.suaranetizen.com/2016/09/indosiar-klarifikasi-berita-hoax-muslim-syiah-iran-ibadah-haji-ke-karbala-ada-yg-kejang-kejang.html

loading...