Video: Tentara Turki diinterogasi Yang Ternyata Tidak Tahu Kalau Mereka Sedang Mengkudeta


SuaraNetizen.com - Beberapa laporan yang datang dari Turki terungkap bahwa banyak dari tentara yang ditahan dan kemudian diinterogasi ternyata sama sekali tidak menyadari bahwa mereka telah dilibatkan dalam aksi kudeta. Mereka tidak tahu bahwa mereka sedang mengkudeta pemerintah. 

Video:

Tentara Turki: “.. Kami tidak tahu apa yang sedang terjadi, Kami tidak mengkhianati negara kami”

Kata prajurit lain: “Kami diberitahu untuk mengambil langkah-langkah keamanan. Kami tidak tahu apa-apa tentang kudeta.”

Prajurit lain juga berkata:  “Kami diberitahu bahwa ada kebakaran besar, ada serangan dan kami diperlukan untuk mengamankan kehidupan masyarakat.”

Setelah para tentara muda itu menyadari bahwa mereka adalah bagian dari aksi kudeta, mereka segera menarik diri dan menyerah. Rata-rata para tentara Turki yang disebut-sebut terlibat dalam kudeta adalah para pemuda yang mengikuti wajib militer, banyak dari mereka yang tak paham politik.

  

Namun setelah penyerahan diri itu, adegan-adegan mengerikan dilaporkan terjadi oleh berbagai media dunia seperti pravda, liveleak, 21th Centurywire, dan media-media lain yang memuat gambar-gambar saat para tentara Turki tersebut dipukuli, disiksa dan dibunuh di jalan-jalan terbuka di sekitar Turki.

Setelah “kudeta militer” berakhir sangat cepat kemarin, suasana berbalik menjadi peristiwa berdarah saat para pendukung Erdogan mempertontonkan adegan penyiksaan terhadap tentara yang dilibatkan dalam aksi kudeta itu di berbagai tempat di Turki.

  

Polisi dilaporkan membiarkan saja hal itu terjadi tanpa melakukan pencegahan apapun.

Erdogan sendiri menuai kontroversi setelah pernyataannya yang menyebut bahwa, “kudeta ini adalah anugerah bagi kita.” Banyak yang kemudian mengklaim kudeta Turki bisa saja rekayasa Erdogan sendiri untuk memperkuat posisinya.

  
  

Klaim kudeta palsu ini diperkuat setelah orang dekat Erdogan Melih Gökçek, Walikota Ankara, menyebut “kudeta ini akan selesai saat Erdogan memberikan perintah.” Indikasi bahwa kudeta berada dibawah kontrol langsung Erdogan. 
loading...