Ini 9 Fakta Menarik Portugal Juarai Piala Eropa 2016


SuaraNetizen.com, Jakarta - Portugal membuat kejutan dengan menjuarai Piala Eropa 2016. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tuan rumah Prancis 1-0 lewat extra time, Senin (11/7/2016).

Pemain pengganti Eder menjadi pahlawan kemenangan Portugal berkat gol semata wayangnya pada menit 109.

Bagi Portugal, ini menjadi gelar juara Piala Eropa pertama sepanjang sejarah. Gelar ini juga menjadi gelar perdana Ronaldo untuk negaranya.

Sukses Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 ini mengobati kekecewaan Ronaldo. Pemain Real Madrid ini harus diganti di pertengahan babak pertama karena cedera lutut.

Masih banyak fakta menarik lain dibalik keberhasilan Portugal juara Piala Eropa. Apa saja? Simak di halaman berikutnya:

- Final tahun 2016 ini menjadi final Piala Eropa keenam yang harus berlanjut ke extra time setelah selama 90 menit imbang tanpa gol.

- Rui Patricio menjadi kiper pertama yang melakukan penyelamatan terbanyak di final Piala Eropa 2016 sejak 1980. Patricio melakukan tujuh kali penyelamatan.

- Eder merupakan pemain pengganti keenam yang mencetak gol di final Piala Eropa. Dia mengikuti jejak Olivier Bierhoff, Sylvain Wiltord, David Trezeguet, Juan Mata dan Fernando Torres.

- Dua gol Portugal di extra time selama Piala Eropa 2016 dihasilkan pemain pengganti.

- Portugal butuh 35 pertandingan di Piala Eropa untuk bisa menjadi raja Eropa untuk kali pertama.

- Portugal menjadi negara kesepuluh yang menjadi juara Piala Eropa.

- Pepe dan Ronaldo menorehkan rekor sebagai pemain kedelapan yang juara Piala Eropa dan Liga/Piala Champions di tahun yang sama.

- Griezmann menjadi pemain kedua yang kalah di final Liga Champions dan Piala Eropa pada tahun yang sama, setelah Michael Ballack di tahun 2008.

- Portugal mencatatkan diri sebagai tim pertama sepanjang sejarah yang bisa juara Piala Eropa setelah gagal menang di laga penyisihan grup. (Li)

loading...