Tentara Turki Tembak Mati 9 Pengungsi Suriah yang Menyeberang ke Turki untuk Melarikan diri dari ISIS


SuaraNetizen.com, ANKARA – Tentara penjaga perbatasan Turki telah membunuh sedikitnya 9 pengungsi Suriah, termasuk beberapa anak saat berusaha lari dari ISIS dan menyeberang ke negara tersebut.

“Penjaga perbatasan Turki menembaki mereka tanpa pandang bulu, menewaskan sembilan orang dan melukai delapan orang lainnya,” kata seorang sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada The Arab News, menambahkan bahwa yang tewas adalah “semua anggota dari satu keluarga – tiga anak, empat wanita dan seorang pria,” yang melarikan diri dari Jarabulus karena pertempuran .


The Independent pada Minggu (19/06) mengutip pernyataan dari Observatorium Suriah Untuk Hak Asasi Manusia, menyatakan bahwa sedikitnya delapan pengungsi lain luka-luka, dengan jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena sejumlah korban dalam kondisi “kritis”.

The Independent juga mengutip pernyataan Koalisi Nasional Suriah, kelompok oposisi yang berbasis di Istanbul dan didukung oleh Turki, yang menyebut bahwa korban tewas lebih tinggi , yaitu 11. Mereka mengatakan bahwa banyak dari korban baru saja melarikan diri dari kota yang dikuasai ISIS, Jarabulus.


Sebenarnya ini bukan pertama kalinya para penjaga perbatasan Turki menggunakan kekerasan terhadap pengungsi Suriah, aktivis mengatakan bahwa setidaknya 50 pencari suaka tewas di perbatasan Turki dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Mei, Human Rights Watch (HRW) mengatakan dalam sebuah laporan bahwa pada bulan Maret dan April 2016, lima orang, termasuk seorang anak, tewas dan 14 lainnya luka berat akibat penembakan dan pemukulan yang dilakukan tentara Turki.

http://www.independent.co.uk/news/world/middle-east/turkish-border-guards-shoot-eight-syrian-refugees-dead-including-women-and-children-trying-to-reach-a6996696.html 

loading...