Tak Peduli Ramadhan, Piyungan Sebar Fitnah Soal Jilbabnya Amalia Ayuningtyas


SuaraNetizen.com - Pendiri TemanAhok, Amalia Ayuningtyas (24) sedang diterpa fitnah dari akun dan situs abal abal. Pasalnya, sejumlah situs web abal abal dan akun-akun pseudonim di media sosial menyoroti jilbab yang kerap dikenakannya.

Lebih kurang, mereka menuding bahwa jilbab yang dipakai Amalia Ayuningtyas tak lebih dari sekadar taktik. Menurut mereka, Amalia memakai jilbab hanya untuk mencapai tujuan TemanAhok, yakni memenangkan Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilgub DKI Jakarta 2017.

Sentimen macam itu termuat dalam status Facebook, Zeng Wei Jian. Akun itu mengunggah satu foto perempuan tanpa jilbab dan berkacamata, yang disebutnya sebagai Amalia Ayuningtyas.

"Saya berasumsi, Amalia mengenakan hijab dengan tujuan mendulang suara kelompok floating mass moslem," demikian petikan status Zeng Wei Jian, Senin (6/6/2016). Dari foto dan petikan kalimat itu, Zeng Wei Jian seolah hendak mengatakan bahwa Amalia Ayuningtyas sebenarnya tidak mengenakan jilbab.

Status itu menjadi bola liar, setelah dikutip beberapa situs web yang selama ini gemar nyebar berita bohong. Selasa (7/6), Portal Piyungan, langsung memublikasikan artikel berjudul: "Taktik Hijab TemanAhok Mendulang Suara Umat Islam."


Di Twitter juga muncul tudingan-tudingan senada. Akun pseudonim, @Restyies (11 ribu pengikut) terpantau rajin me-retweet sejumlah foto perempuan tanpa jilbab, yang disebut-sebut sebagai Amalia Ayuningtyas.

Sekadar contoh, berikut beberapa foto dan kabar bohong yang menyebar itu.



Pencatutan foto

Sekilas tampilan perempuan-perempuan dalam foto-foto di atas mirip Amalia Ayuningtyas --terutama kacamata yang mereka pakai.

Masalahnya, mereka bukan Amalia Ayuningtyas.

Setidaknya ada dua orang perempuan yang fotonya dicatut seiring menyebarnya kabar bohong itu.

Akun Facebook, Amelia Ayuningthias, menyatakan keberatan atas penggunaan fotonya oleh sejumlah situs. "Foto saya dicatut tanpa klarifikasi dan izin untuk dijadikan black campaign," tulis Amelia Ayuningthiasa, Selasa (7/6).


https://m.facebook.com/amelia.ayuningthias/posts/1093428474013766

Ia mengaku bahwa foto gadis tanpa jilbab yang tersebar merupakan foto miliknya. Pun ditegaskannya bahwa dirinya bukanlah Amalia Ayuningtyas (TemanAhok).

Kedua perempuan itu memang punya kemiripan dalam foto. Bahkan namanya mereka hanya berbeda tiga huruf.

Satu sosok lain yang foto-fotonya juga dicatut adalah pemilik akun Instagram @rifdalia. Anda bisa melihat pencatutan itu dengan membandingkan foto yang dikirimkan akun Twitter pada tautan ini, dengan foto @rifdalia di sini.

Di sisi lain, Amalia Ayuningtyas menyebut kasus ini sebagai konsekuensi sekaligus tantangan, yang harus dihadapi para relawan TemanAhok. 

"Ini merupakan pembodohan massal dengan sentimen SARA. Untuk pelaku tetap kita maafkan. Kita memang sudah kenyang dengan fitnah semacam ini, namun dalam suasana Ramadhan ini rasanya penting bagi kita untuk meluruskan pikiran publik," kata Amalia Ayuningtyas, seperti termuat di situs TemanAhok, Selasa (7/6).

Di linimasa Twitter, akun @AmaliaAyuningtyas pun terlihat santai mengomentari beredarnya foto dan kabar bohong ini. Ia terpantau berbalas kicau dengan pelawak tunggal Ernest Prakasa (@ErnestPrakasa) soal topik ini.

Beberapa akun juga ikut angkat suara, berusaha meluruskan kabar bohong ini. Berikut di antaranya.


MASIH PERCAYA SAMA PIYUNGAN ??
BLOG PENYEBAR FITNAH

loading...