Guru di Sidoarjo diseret ke Pengadilan karena Cubit Siswa Anak TNI yang Tidak Shalat, Netizen Geram Bukan Main



SuaraNetizen.com, SIDOARJO - Hanya karena mencubit seorang siswa karena tidak salat berjamaah, Sambudi (45), seorang guru SMP swasta di Sidoarjo, Jawa Timur  diseret ke Pengadilan Negeri Sidoarjo.

Kasus itu mencuat setelah orangtua siswanya yang berprofesi sebagai anggota TNI Angkatan Darat melaporkannya dengan tuduhan penganiayaan.

Sambudi warga Desa Bogem Pinggir, Balongbendo, Sidoarjo merupakan guru Matematika SMP swasta di Balongbendo, Sidoarjo. Ia harus duduk di kursi pesakitan PN Sidoarjo, Selasa (28/6/2016) sebagai terdakwa kasus penganiayaan siswa berinisial R di sekolahnya.


Dengan memakai seragam lengkap PGRI, guru senior itu mengikuti proses persidangan sekira 30 menit. Ia didakwa mencubit siswanya karena asyik nongkrong di tepi sungai saat ada kegiatan salat berjamaah di musala sekolahnya.

Orangtua siswa yang merupakan prajurit TNI tidak terima anaknya dicubit dan langsung melaporkan kasus tersebut ke Polsek setempat. Kasus pun bergulir ke PN Sidoarjo.

Ketua Majelis Hakim, Rini Sesuni menunda sidang hingga 14 Juli 2016, dengan alasan pihak keluarga pelapor akan mencabut laporan kasus tersebut.

Sementara terkait dugaan kasus penganiayaan siswa itu, Sambudi hingga kini mengaku tidak melakukann seperti yang dituduhkannya dalam sidang. Ia mengatakan, hanya mengelus pundak siswanya untuk mengingatkan korban agar tidak melakukan pelanggaran saat jam sekolah.

Sidang dugaan kasus penganiayaan siswa SMP itu sempat ramai, karena terdakwa mendapat dukungan moral dari ratusan guru PGRI se-Sidoarjo. Mereka berdemo di depan PN Sidoarjo sebelum sidang berlangsung.


Netizen Indonesia sangat geram dengan kasus ini:

Alfitra Maulana
Buat ortu yg anaknya gk mau dididik n ditegur d sekolah..didik aja sendiri n bikin aja ijasah sendiri...

Alfresh Hulu
pak guru memarahi dan mencubit,.....krn ada perhatian guru kpd si anak nakal itu spy rajin belajar dan menghormati guru,.....mungkin si anak nakal itu terlalu syg org tuanya slama ini,.....gak pernah di marahi atau di cubit,......lbh baik anak ini di ajarin org tuanya di rmh,jgn di terima lg di sekolah manapun,......tabah dan sabar pak GURU

Gadis Virgins
Mentang" jdi tentara sesuka hati menjatuhkan pahlawan tanpa tanda jasa sampai menginginkan pak guru di non aktifkan,dimanakah hati nurani kamu,guru juga punya orang tua,semua orang tua pasti tdk ikhlas anaknya diperlakukan seperti itu
Ingat pak tentara akan ada karma dr semua ini
Kamu menjatuhkan orang yg setulus hati mendidik anak kamu
Suatu saat kamu pasti akan mengalami hal seperti itu
Tunggu saja adzab dr Allah SWT

Fajar Shidiq
anak sekarang pada lebay....apalagi orang tuanya lebaynya g ktulungan......tp semua itu g berlaku d keluarga saya.....anak pulang sekolah nangis d cubit gurunya..d tanya apa kesalahannya....kalau anaknya yg salah d tambah d pukul bapaknya.....sekolah aja kok ribet....g mau d didik oleh bapak/ibu guru g usah sekolah...cengeng...

Suriadji Ajay
Bapak Muhammad Samhudi yang terhormat,bpk benar" org yg terhormat....profesi bpk juga terhormat....meski bpk duduk di kursi "pesakitan" bpk masih terhormat dari pd org yg menutut bapak,tetap tegar & sabar ya Pak...."Alloh bersama org yg sabar...."

Guru mencubit bukan tanpa alasan,emangnya gurunya sudah stres,tolong klu masih adalagi walimurid yang kaya gitu,sufuh saja dirikan sekolah dandiajar sendiri mana satu hutan mari...bdooooooooo.

Jng pak gurunya aja yg disorot,orang tua yg melaporkan jg sorot biar terkenal bodohnya,biar malu.didik aja anaknya sendiri.kya yg bisa aja.melaporkan guru sm aja tindakan memalukan bt org tua muridnya,gagal didik tu ortu...

Bunda Rafid
Mungkin tak kan lg ada yang mau melamar dan bercita2 menjadi guru nantinya ... Selamat ya untuk orangtua yang tinggi arogansi nya .. Selamat menjadi orang tua sekaligus guru sendiri untuk anak2 kalian kelak.

Kelak... Kalian akan tau betapa tidak mudahnya menjadi seorang guru yang menghabiskan waktu lebih lama untuk mengajar dan mendidik anak anda dibandingkan dengan kalian sbg orangtua. (SuaraNetizen.com)
Luluk Faurira Kurnia Sari
harsnya tu orgtua sadar dicubit krn anaknya nakal guru g akan cubit klu si murid g pny keslhan,intropeksi donk anak km gmna hrsnya hal sepele g hrs di bw ke meja hijau,dasar wali murid yg sok pnya uang sana anaknya di didik sendri g ush pkai guru,semangat pak guru bismillah
Putra Teguh Pramana
kalau ditempatku saat mondok dulu, kita kena salah dan mengaduh ke ortu, malah ortu nyuruh ustadz mukul kita biar kapok. soalnya kita salah. anak jaman sekarang itu bukannya belum bisa, tapi sudah gak bisa dididik dan diajar dengan lisan, orang tua selalu memanjakan, akibatnya seperti itu. aku juga seorang guru, selalu membuat perjanjian bermaterai dengan orang tua kalau anaknya mau mengikuti pelajaran saya.  (SuaraNetizen.com)
loading...