Demi Hormati Nabi Muhammad, Muhammad Ali tak Ingin Namanya dinjak di Walk of Fame


SuaraNetizen.com - Sebagai seorang legenda tinju dunia, Muhammad Ali dianugerahi sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame yang termasyhur.


Dengan demikian, nama Ali di dalam sebuah bintang dapat dipasang di trotoar bersama dengan ribuan tokoh hebat lainnya.

The Hollywood Walk of Fame adalah sebuah trotoar sepanjang 15 blok Hollywood Boulevard dan 3 blok Vine Street di Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Trotoar ini yang menampilkan lebih dari 2.400 keramik teras bergambar bintang dan bertuliskan nama artis sebagai bentuk penghargaan dari pihak Hollywood terhadap sumbangsih mereka bagi industri hiburan.

Pada tahun 2002, legenda tinju dunia Muhammad Ali dianugerahi bintang Walk of Fame Hollywood ini.

Meski bukan artis tapi ia dianugerahi bintang emas ini karena dianggap pantas menerimanya karena apa yang ditampilkan Muhammad Ali dalam pertandingan tinjunya dianggap sebagai bentuk dari live performance, bukan sekadar pertandingan olahraga.

Yang membuat Walk of Fame untuk Muhammad Ali unik adalah ia tidak ingin bintang emas yang tertulis namanya diletakkan di lantai sepanjang Hollywood Boulevard, melainkan di dinding.

Tampaknya ini agak melenceng dari tradisi, mengapa demikian?

Ternyata itu adalah bentuk penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW yang namanya digunakan oleh Ali.

"Saya memikul nama nabi tercinta Muhammad SAW, dan tidak mungkin saya membiarkan orang-orang menginjak-injak namanya," ujar Ali seperti dikutip dari Independent, Sabtu (4/6/2016).

Saat Muhammad Ali (alm) diminta nama dan tanda tangannya untuk diabadikan, beliau menolak dan mengatakan :

"Saya menghormati nama Nabi tercinta kami Muhammad shalallahu ‘alayhi wasallam, dan tidak mungkin saya mengijinkan orang-orang menginjak-injak nama Beliau".

Saat ini hanya Muhammad Ali (alm) yang namanya diabadikan di Hollywood Walk of Fame dengan cara diletakkan di salah satu dinding di area tersebut, bukan di jalan yang dilewati orang.

Disamping hikmah tentang kecintaan Muhammad Ali (alm) terhadap manusia mulia Rasulullah Muhammad SAW, menurut saya ada hikmah lain yang bisa kita cermati. Allah SWT akan senantiasa menjaga kekasih-Nya Muhammad SAW bukan hanya ketika Beliau masih hidup, bahkan saat Beliau telah wafat.

Shalawat dan salam senantiasa tercurah bagimu ya Rasulullah Muhammad SAW.

Teruntuk sang legenda, Muhammad Ali : Innaalillaahi wainna ilaihi rooji'uun. Allahummaghfirlahu warhamhu wa 'afihi wa'fu 'anhu

~~~



Foto: Muhammad Ali bersama Syaikh Hisyam Kabbani  


loading...