10 Tahun Memimpin Jabar Tak Ada Kemajuan, Aher Geleng geleng Lihat Sampah Penuhi Sungai


SuaraNetizen.com, Kabupaten Bandung - Hari ini, Gubernur Ahmad Heryawan mencanangkan gerakan Citarum Bestari. Lokasi acara berada di Sungai Bojong Citepus, Kabupaten Bandung. Sungai itu penuh sampah.

Ratusan personel TNI yang hadir di lokasi kegiatan tersebut terlihat membawa perkakas bangunan seperti cangkul dan sekop, Kamis (2/6/2016). Selain itu, satu kendaraan pengeruk disiapkan untuk meraup sampah yang menumpuk di Sungai Bojong Citepus, Desa Cangkuang, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

"Hari ini ada 18 titik pelaksanaan gerakan Citarum Bestari. Lokasinya tersebar. Jumlah total personel di seluruh lokasi tersebut sebanyak 3.000 orang," kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo.

  
Anggota TNI bersiap mengangkat sampah (Foto: Baban Gandapurnama/detikcom)

Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, mendekat ke tepian sungai. Dia melihat dekat kondisi gundukan sampah. "Ini kebanyakannya sampah toko. Ada kardus begini," ucap Aher sambil geleng-geleng kepala.

"Sampah menggunung di sungai ini kita bersihkan! Angkat semuanya!" ucap Aher 

Horor sampah ini mengingatkan memori Aher pada situasi serupa di Sungai Cikapundung, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu. Dia pun berseloroh dengan nada kesal.

  
Foto: Baban Gandapurnama/detikcom

"Waktu itu sampah (di Sungai Cikapundung) kita bersihkan, tapi tak bertahan lama. Sampah kembali menumpuk. Ya karena perilaku masyarakatnya belum berubah yang masih membuang sampah ke sungai," tutur Aher.

Pemprov Jabar menggandeng Kodam III Siliwangi guna mewujudkan gerakan sosial Citarum Bestari. Melalui gotong royong menangani permasalahan sampah di sungai, Aher berharap sepanjang aliran Citarum menjadi bersih.

Dia berkali-kali mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai. "Kita harus cintai sungai," ucap Aher. (bbn/try/Detik) 

loading...