Tenda tenda Kiriman Prabowo di Pasar Ikan Akan disikat Ahok


SuaraNetizen.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan, cepat atau lambat akan menertibkan warga Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara yang kembali lagi bermukim di bekas puing penggusuran.

Bahkan, dia tidak peduli dengan tenda yang digunakan warga meskipun tenda-tenda tersebut pemberian Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Ya mau tenda siapa pun ya kalau dia (warga) engak mau pergi pasti kita tertibkan," ujarnya di Balai Kota Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Ahok menjelaskan, dalam persoalan ini warga tidak bisa mengklaim bahwa tanah tersebut miliknya. Termasuk pengakuan warga yang menyatakan kampung tempat tinggalnya sudah ada sejak zaman kolonial belanda.

Sebab menurut laporan dari tim arkeolog, kata Ahok, saat zaman itu kawasan tersebut merupakan pasar heksagonal yang dikelilingin benteng pertahanan tentara Belanda.

"Logikanya gini mereka mengklaim itu sudah dari dulu sudah kampung di situ, gimana masuk akal mengklaim itu kampung. Mungkin gak pasar heksagonal di tengah-tengahnya kosong kamu buat rumah," ungkap Ahok.

Dengan begitu Ahok berkeras menertibkan kawasan tersebut karena termasuk dalam wilayah penampang basah Pemprov DKI. Selain itu Gubernur punya rencana akan mengembalikan lagi wisata sejarah kawasan Pasar Ikan dengan memulai restorasi benteng pertahanan milik Belanda.

"Makanya kita lihat saja, kita mau bentuk tim arkeolog kerjain. Waktu penggalian udah ketemu ada dinding yang pintunya bulet. Ternyata sudah tenggelam 2 meter di bawah muka laut ada fotonya zaman belanda. Kita mau bikin kalau bisa restorasi kembali walau harus turun 2 meter. Gak apa-apa nanti kita pasang pompa," terang Ahok. (Rim)

loading...