Santri Kecil ini Sebut Ahok, Megawati dan Prabowo sebagai menteri, Jokowi Ngakak lalu ngasih Sepeda


SuaraNetizen.com, MAGELANG - Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sepeda kayuh kepada sejumlah santri Pondok Pesantren (Ponpes) Asrama Perguruan Islam (API) di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Acara bagi-bagi sepeda itu spontan dilakukan Jokowi setelah menyampaikan pidato di hadapan ribuan santri ponpes tersebut dalam rangka peringatan malam Isra Miraj, Rabu (4/5/2016) malam.

"Saya mau bagikan sepeda ini kepada santri yang bisa jawab pertanyaan. Saya bingung mau tanya apa, kalau disuruh ngaji, pasti santri sudah pada pintar. Kalau begitu pertanyaan umum saja, ya," kata Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu kemudian mengajukan beberapa pertanyaan kepada para santri.

Pertanyaan pertama, Jokowi meminta santri untuk menyebutkan tujuh dari 34 provinsi di Indonesia. Para santri kemudian beramai-ramai tunjuk tangan. Namun, hanya satu orang yang terpilih.

"Nama saya Asfa, tujuh provinsi di Indonesia ada Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara," kata Asfa disambut tepuk tangan.

"Kamu pintar sekali, ambil sepedanya satu," ujar Jokowi.

Pertanyaan selanjutnya, Jokowi meminta santri menyebutkan Pancasila, lalu tujuh nama kota atau kabupaten di Indonesia.

Dua santri berhasil menjawab pertanyaan itu dengan benar dan beruntung membawa sepeda.

Namun, ada momentum yang membuat Jokowi tertawa terpingkal-pingkal. Demikian juga ribuan santri, pejabat, hingga awak media yang datang dalam acara tersebut.

Momentun itu ketika Jokowi meminta salah satu santri untuk menyebutkan tiga nama menteri dalam susunan Kabinet Kerja II.

"Ada 34 menteri dalam Kabinet Kerja II, coba sebutkan tiga saja, siapa yang bisa jawab, tunjuk tangan," pinta Jokowi.

Salah seorang santri dengan penuh percaya diri tunjuk tangan lalu maju ke podium mendekati Jokowi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan lantang ia menjawab, "Tiga menteri, yaitu Ahok, Ibu Megawati Soekarnoputri, dan Prabowo," kata santri yang mengaku berasal dari Pekalongan itu.

Sontak gelak tawa hadirin pecah saat itu.

Jokowi pun tampak tidak tega dengan santri tersebut dan merelakan satu sepeda untuknya.

"Ya, sudah, bawa sepedanya satu," kata dia tersenyum.

Jokowi datang ke pondok pesantren asuhan KH Yusuf Chudori atau Gus Yusuf itu untuk menghadiri peringatan malam Isra Miraj 1438 H/2016.

Sejumlah menteri dan pejabat tinggi tampak mendampingi Jokowi, antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Wakil Gubernur Heru Sujatmiko, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, hingga para alim ulama se-Jawa Tengah.(Ika Fitriana/tribunnews)

loading...