Pesan Dasyat untuk Polisi dari Bripka Seladi, Si Polisi yang nyambi jadi Pemulung


SuaraNetizen.com - Sosok Brigadir Kepala (Bripka) Seladi yang kesehariannya menyambi sebagai pengepul barang rongsokan seperti pelepas dahaga di tengah ketidakpercayaan masyarakat terhadap Polri. Padahal, seperti itulah seharusnya polisi. 

Bahkan, polisi yang sehari-sehari bertugas sebagai petugas administrasi di Satuan Lalu Lintas Polresta Malang, Jawa Timur, itu tidak malu dengan pekerjaan sampingannya sebagai pemulung.

Seladi dikenal sebagai polisi yang menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Dia mengaku tidak pernah memerima suap dalam bentuk apapun di tengah posisinya yang rawan suap untuk memperlancar pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Saya tidak pernah terima suap baik uang makanan atau apa yang dikasih ke saya," kata Seladi saat menceritakan kisahnya di hadapan Ketua DPR Ade Komarudin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/5).

"Saya telaten memberi contoh (praktik SIM), besok kembali lagi, saya kasih contoh lagi. Jangan sampai parkir aja nggak bisa, salah sedikit saya loloskan," sambungnya sembari mencontohkan.

Bahkan kerap kali ketika masyarakat lolos ujian SIM, menyelipkan uang kepada Seladi. Namun, ia menolak secara halus. "Kalau salaman ada amplop saya lepas. Anak istri saya juga sudah terlatih masalah suap," ucap Seladi.

Ia berharap, kisahnya bisa menginspirasi rekan-rekannya sebagai polisi untuk tetap selalu jujur. "Hati sama mulut samakan. Jangan sampai bohongi diri sendiri," pungkasnya. (jpnn/SuaraNetizen.com) 

loading...