Jokowi Setujui Perppu Hukuman Kebiri Bagi Penjahat Seksual


SuaraNetizen.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Udang (Perppu) yang salah satunya mengatur hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak-anak.

Keputusan itu diambil Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas dengan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (11/05/2016).

Ratas itu sendiri dihadir sejumlah pejabat dan menteri, di antaranya Menteri Koordinator Bidang PMK Puan Maharani, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti, Jaksa Agung M. Prasetyo, Menteri Desa Marwan Jafar, Menpora Imam Nahrawi, dan Mensos Khofifah Indar Parawansa.

Hadir pula Menkumham Yasonna Laoly, Mendagri Tjahjo Kumolo, Seskab Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menristekdikti M. Nasir, Mendikbud Anies Baswedan, Menkes Nila Moeloek, Menkominfo Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki.

Kemarin, Kepala Negara menyatakan kejahatan seksual terhadap anak adalah kejahatan luar biasa dan untuk itu harus dihadapi dengan langkah yang luar biasa pula, termasuk mempercepat lahirnya Peraturan Pengganti UU (Perppu) hukuman kebiri untuk pemerkosa.

"Segera koordinasi agar ada keputusan, termasuk di dalamnya mengenai UU atau Perpu Kebiri," kata Presiden, saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Selasa (10/05) kemarin.

Jokowi juga mengeluarkan peringatan keras terhadap para pelaku kekerasan seksual terhadap anak dengan meminta bawahannya mengambil langkah koordinatif dan komprehensif antarkementerian terkait, Polri dan Kejaksaan. 

Presiden merasa langkah ini harus dilakukan karena angka dan peristiwa kejahatan seksual sudah semakin mengkhawatirkan.

"Menko agar berkoordinasi untuk membuat keputusan yang betul-betul jadi efek jera bagi pelaku dan bisa menghilangkan keinginan calon pelaku yang lain," kata Presiden di depan para menterinya.

Sikap keras Jokowi ini menyusul tingginya kekerasan seksual terhadap anak. Terutama kasus seorang pelajar SMP di Bengkulu tewas mengenaskan setelah diperkosa oleh 14 pemuda. 12 dari 14 pemuda itu sudah ditangkap, sedangkan dua lainnya buron. 

Tujuh pelaku di antaranya adalah anak di bawah umur, sedangkan lima lainnya sudah dewasa. Ketujuh pelaku yang masih anak remaja itu telah dijatuhi vonis 10 tahun penjara atas aksi keji mereka. 

Sumber : Antara 

loading...