ISIS Serang dan kuasai rumah sakit di kota Deir al-Zour, Suriah

"Taktik ISIS dan pemberontak itu licik. Mereka menyerang dan menguasai rumah sakit serta pemukiman warga, lalu mereka menyerang pemerintah Suriah didekat tempat itu. Setelah pemerintah Suriah membalas serangan mereka dan mengenai rumah sakit serta pemukiman warga. Mereka gembar gembor, Upload video korban korbannya, dikasih judul Bashar Al As'ad membantai muslim, membantai rakyatnya sendiri...!!!!" 

   

ImageREUTERSImageSalah-satu sudut kota Deir al-Zour yang hancur akibat konflik bersenjata pemerintah Suriah dan kelompok pemberontak.

Kelompok militan Negara Iblis ISIS sempat menguasai rumah sakit di kota Deir al-Zaour di wilayah timur Suriah dalam pertempuran yang menewaskan puluhan orang dari kedua pihak, demikian sejumlah laporan.

Para aktivis mengatakan sekitar 35 orang di pihak pejuang pro-pemerintah tewas dan beberapa petugas kesehatan rumah sakit disandera.

Sementara sedikitnya 20 anggota ISIS tewas dalam pertempuran tersebut.

Baku tembak kedua pihak itu berpusat di sekitar rumah sakit al-Assad, di sebelah barat kota Deir al-Zour, Suriah bagian timur.

Pasukan pemerintah Suriah dilaporkan telah merebut kembali rumah sakit tersebut dalam beberapa jam kemudian, tetapi nasib para sandera belum diketahui.

Wartawan BBC Sebastian Usher mengatakan serangan terbaru ISIS ini menunjukkan bahwa mereka masih merupakan ancaman, walaupun belakangan mereka terpukul dalam beberapa pertempuran.

Wilayah kaya minyak

Sejauh ini kelompok militan ISIS menguasai lebih dari separoh kota Deir al-Zour dan terus berusaha menguasai seluruhnya.

Mereka telah mengepung daerah yang dikuasai pemerintah di kota itu selama dua tahun, dan mengakibatkan sekitar 200.000 warga sipil terjebak di dalamnya.

  

ImageAPImageDua anggota pejuang pro-pemerintah Suriah menyiapkan persenjataannya.

Kantor berita ISIS Amaq mengatakan para pejuangnya telah melakukan sebuah "serangan besar" di Deir al-Zour pada Sabtu dini hari, serta menyerbu rumah sakit dan memotong jalur antara basis tentara Suriah dan bandar udara kota itu.

Laporan itu juga menyebutkan ISIS telah mengambil alih kantor pemadam kebakaran, sebuah kampus, dan wilayah di dekat ladang minyak al-Tayyam.

Tetapi menurut lPemantau Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di Inggris, pasukan pemerintah berhasil merebut kembali rumah sakit menyusul pertempuran sengit yang berlangsung berjam-jam.

Kota Deir al-Zour terletak di daerah kaya minyak dan merupakan jalur untuk memasok berbagai kebutuhan kelompok Negara Islam di kota Raqqa. © BBC

loading...