Ide Jokowi Tangani Kawasan Kumuh Lebih Brilian ketimbang idenya Ahok


SuaraNetizen.com - Sekretaris Metropolitan Study Center (MSC), Adi Solihin meminta Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), untuk tidak lagi melakukan penggusuran terhadap pemukiman kumuh di ibukota, karena terbukti hal itu bukan solusi yang tepat dalam penataan kota.

"Penataan kawasan kumuh di bantaran sungai dan pesisir pantai lebih bagus dihentikan. Sebaiknya Ahok kembali menghidupkan Program Kampung Deret yang dicetuskan Jokowi saat menjabat gubernur DKI," ucap Adi seperti dikutip dari RMOLJakarta,Jumat (20/5).

Menurut Adi, ditinggalkannya Program Kampung Deret lantaran Ahok menuruti keinginan pengembang reklamasi yang tidak menginginkan adanya perkampungan di pesisir pantai sebagai bagian dari kawasan reklamasi.

"Warga pesisir pantai yang notabene bermata pencaharian sebagai nelayan dipindahkan ke lokasi yang jauh dari pesisir pantai adalah sebuah bukti ketidakcerdasan Ahok sebagai pemimpin," tegas Adi.

Menurut Adi, menggusur perkampungan warga dengan memindahkan ke kawasan yang katanya mahakarya Ahok, yaitu rumah susun, bukan solusi terbaik buat warga korban penggusuran.

"Jika Ahok belum dapat memberikan solusi terbaik buat warga korban penggusuran, lebih baik hentikan penggusuran. Karena hanya melahirkan penderitaan bagi rakyat yang tergusur," terang mantan aktivis HMI ini. 

loading...