Stop Rasis, Keturunan Tionghoa Ini telah Mengharumkan Indonesia

  

SuaraNetizen.com, Jakarta - Sebenarnya siapakah yang pantas disebut sebagai warga negara Indonesia (WNI)? Apakah mereka yang hanya berkulit sawo matang atau kecoklatan saja? Sedangkan mereka yang berkulit cenderung hitam atau putih dan bermata sipit tidak pantas disebut sebagai WNI? Tentu saja tidak, bukan?

Ada satu pelajaran yang paling dasar yang diajarkan di sekolah-sekolah yang tidak akan pernah boleh kita lupakan, yakni pelajaran tentang semboyan Tanah Air Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Salah satu kalimat yang ada di buku atau kitab Sutasoma karangan Empu Tantular tersebut berarti Berbeda-beda Tetapi Satu Jua.

Ya, harus disadari bahwa selain kaya akan wisata, kuliner, tradisi, Indonesia juga kaya akan suku bangsa. Total di Indonesia ada lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa yang ada di negeri tercinta ini. Masih mempertanyakan siapakah yang pantas disebut sebagai WNI? 

Tentunya orang-orang yang pantas disebut sebagai WNI adalah orang-orang yang selalu menjaga dan tidak pernah membedakan satu sama lainnya, karena itulah wajah Indonesia yang sebenarnya.

Buat kamu-kamu yang masih suka rasis, coba simak 7 foto di bawah ini. 7 foto yang memperlihatkan bagaimana orang-orang yang berasal dari etnis Tionghoa menangis menyanyikan lagu Indonesia Raya dikejuaraan dunia. Berkat prestasi yang telah diukir mereka pulalah nama Indonesia dikenal diseluruh dunia. Masih berani rasis? Coba sebutkan apa yang telah kamu berikan untuk Indonesia?

  

  

  

  

  

  

       

Buat yang suka rasis, yang sangat benci kepada keturunan tionghoa, yang selalu berprasangka buruk kepada mereka. 

Pernahkah kamu benar benar menangis haru seperti mereka saat bendera merah putihmu dikerek naik ?

Pernahkah kamu berjuang sekuat tenaga seperti mereka untuk memberikan kebanggaan kepada bangsamu ?

Kalau belum pernah, maka jangan suka berprasangka buruk pada etnis tionghoa. Jangan merasa seolah olah dirimulah yang paling cinta terhadap Indonesia. 

Etnis Tionghoa pun punya rasa cinta, nasionalisme kepada bangsa indonesia yang mungkin melebihi rasa cintamu dan nasionalismemu. 

Mereka adalah bagian dari bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam etnis (Etnis Jawa, Sunda, Betawi, Dayak, Arab, Batak, Melayu, india, tionghoa dan banyak etnis lainnya )

Kita berbeda etnis tapi tetap satu. 

Kita sama, satu nusa satu bangsa ... !!!

loading...