Mengerikan, Inilah Rusun Rawa Bebek Untuk Eks Warga Pasar Ikan Dilihat Dari Dalam

    

Polemik penggusuran warga Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utaramenarik minat khalayak. Satu di antaranya seorang netizen yang ingin membuktikan langsung sejauh mana ucapan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang berjanji berikan lokasi yang memadai.

Apakah janji tersebut ditepati, jangan-jangan hanya isapan jempol belaka. Akun Facebook Renny Fernandez mengunggah kisah-kisah, foto maupun videonya, Senin (18/4/2016).

Bak jurnalis ia yang berniat membuktikan kondisi Rusun Rawa Bebek membuat tercengang banyak orang.
Baru 7 jam diposting sudah ada 7,212 shares.

Dalam dua video tersebut dua warga mengaku hunian nyaman bahkan seorang ibu mengaku saat menghuni Pasar Ikan anaknya tiga kali kecebur di kali (sungai), sementara saat di Rusun Rawa Bebek fasilitas lengkap dan nyaman.

Melalui foto-foto Renny menunjukkan berbagai fasilitas mulai dari ruangan untuk warga, kamar mandi, lift, fasilitas pembuangan sampah, pengolahan limbah hingga daya listrik.

Berikut kisah dan foto yang diambil dari FB Renny Fernandez.

FOTO FOTO RUSUN RAWA BEBEK

Mungkin sudah banyak beredar chirpstory dr twitter tentang 'kepo' saya terhadap rusun Rawa Bebek, rusun yg dijadikan relokasi utk warga Pasar Ikan, sabtu (16 april 2016) lalu. Tapi di FB ini saya mau cerita lebih detail ttg Rusun Rawa Bebek. Saya cukup terkejut dgn fasilitas2 rusun yg sangat baik.

Saya juga sempet memvideokan pendapat2 warga yg sudah mulai menghuni Rusun tersebut. Kunjungan ini tidak saya rencanakan. Polemik media membuat saya berinisiatif utk datang dan mencek langsung kondisi pemukiman ini.

   

Sebelum menjelajahi rusun Rawa Bebek, saya berfoto di depan gerbangnya.

 

Salah satu gedung bangunan rusun Rawa Bebek. Masing-masing gedung terdiri dari 6 lantai. Rusun Dalam kondisi bersih, ada taman dan rumput yg mulai tumbuh. Di depan saya, melintas 2 orang anak kecil sedang bersepeda.

 

Saya ditemani oleh penjaga rusun, yang dengan senang hati mau mengantar saya hari ini menjelajah rusun. "Saya mau tau semua ya pak.." Minta saya kepada si bapak petugas. Pertama yg saya minta ke beliau, diantarkan ke toilet umum. Agak terkejut, karena ekspektasi toilet umum di benak saya jauh dari yg saya lihat. Kloset duduk, lengkap dengan sabun tangan dma tissue gulung tersedia disana.

 

Mampus dah ada Lift nya bow!!!

 

Saya tidak menyangka, kalau rusun Rawa Bebek dilengkapi oleh lift. Lift dalam keadaan nyala, bersih, dan bukan sekedar pajangan.

 

 

Berikut adalah lorong dari Rusun Rawa Bebek. Lorong nampak bersih, tiap suduh saya lihat dilengkapi oleh alarm kebakaran.

 

 

 

Ini adalah kamar Rusun Rawa Bebek. Selain kamar, pemerintah sudah melengkapi kamar dengan lemari, kasur dan tempat tidur. Saya cek kamar mandi, terdapat kloset duduk dan shower untuk mandi.

8

14 Kali Dibagikan

 

Saya memilih turun lewat tangga. Dan tertarik oleh pintu-pintu kecil mirip jendela yg ada di tiap tangga. Saya bertanya kepada petugas yg mengantar saya, "ini pintu apa pak?" Si bapak menjelaskan kalau pintu tersebut adalah pintu utk mempermudah warga membuang sampah. Sampah yg sudah ditaro di trash bag bisa lgsg di buang melalu pintu tsb, maka sampah siap meluncur dr lantai 6 hingga bawah. Jadi utk membuang sampah warga tidak perlu berlelah2 turun kebawah.

 

Tempat saya berdiri adalah instalasi pembuangan limbah. Limbah dr saluran air tiap rusun diolah di sini. Oleh petugas saya sempat dijelaskan bagaimana proses pengolahannya, namun saya lupa.. Mohon maaf

 

Kalau ini, adalag gardu listrik berdaya 630KVA yang siap menerangi setiap unit rusun. Cukup senang dgn design gardu yg tetap dipikirkan supaya terlihat cantik. 

 

 

 

Berjalan kebagian belakang rusun, ada warung-warung tempat jualan. Saya menghampiri dua ibu penjual yg sblm nya tinggal di daerah Pasar Ikan, sejak pindah mereka pun mulai berjualan. Pemerintah memberikan etalase gratis, dan harga sewa yg cukup terjangkau, sebesar 40rb rupiah untuk tiap 'lapak' nya. Saya sempet bertanya, nyaman mana tinggal di pasar ikan atau di rusun Rawa Bebek ini, mereka berdua sepakat menjawab: "nyaman di sini mbaa.."

 

 

Saya berfoto Wajah-wajah bahagia anak-anak penghuni rusun, pindahan dari Pasar Ikan. Ketika saya hampiri, mereka sedang bermain bola, main sepeda dan berlari-lari. Semoga bahagia dan sehat terus yaa adek adek!

 

Untuk alat transportasi, pemprov juga menyediakan bus tans jakarta, yang sudah terschedule dgn rapi untuk keberangkatan dan kedatangannya. Hanya masukan beberapa warga, kalau feeder trans Jakarta bisa ditambah lagi jam nya oleh pemerintah. Semoga bisa yaa.. 

14

 

 

 

Demikian hasil 'kepo' saya. Harapan saya semoga rusun tetap terpelihara dengan baik, warga semakin nyaman dan kehidupan anak-anak akan menjadi lebih baik juga. Buat teman2 yg mau cek langsung silahkan saja, rusun rawa Bebek ada di : Jln. Inspeksi Kanal Timur, Cakung - Jakarta Timur. 

© SuaraNetizen.com

loading...