Bawa Kesejukan, Ekspedisi Islam Nusantara Disambut Positif di Berbagai Daerah

SuaraNetizen.com ~ Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Heru Sudjatmoko mengungkapkan rasa syukur gembira atas Ekspedisi Islam Nusantara yang digelar PBNU. Ia menyampaikan hal itu di kantornya ketika menyambut kedatangan tim Ekspedisi Nusantara di Semarang, Jawa Tengah, Senin (4/4).


Heru mengaku telah mendengar Islam Nusantara yang digagas pada Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur, tahun 2015 lalu. "Rasanya membawa kesejukan. Insyaallah kesejukan ini tak hanya umat Islam tapi warga bangsa ini, di mana pun berada," ungkapnya.

Ia juga mengaku pernah membaca AD/ART NU. Ia menemukan, bagi NU negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) adalah bentuk negara yang final.

NU, sambung dia, menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Ini adalah salah satu konsistensi organisasi yang didirikan para kiai mengawal negeri ini. "Mulai didirikan, diperjuangkan, sampai sekarang," tambahnya.

Di akhir sambutannya, Heru kembali menyebutkan sepakat atas gagasan Islam Nusantara. Menurut dia, Islam Nusantara harus dikembangkan dan diperkuat agar menjadi referensi bagi kehidupan dunia ini.

"Jateng menyambut ekspedisi Islam Nusantara dan pasti akan mendukungnya. Kita sama-sama menggalinya," pungkasnya.

Tim Ekspedisi Islam Nusantara ini dimulai dari Cirebon. Semarang merupakan kota ketiga setelah Demak. Kemudian besok akan kembali ke Demak. Selanjutnya Kudus, Rembang, Lasem, dan kota-kota lain. Ekspedisi ini direncanakan akan dilakukan dari Aceh sampai Papua selama 2 bulan. (Abdullah Alawi/NU.or.id)

loading...