Ngeri, Panjang Jaring Kapal FV Viking Setara Jarak Jakarta-semarang

Ngeri, Panjang jaring kapal FV Viking setara jarak Jakarta-Semarang


SuaraNetizen.com ~ Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan penenggelaman FV Viking merupakan keberhasilan terbesar yang pernah diraih dalam sejarah pemberantasan pencurian ikan di laut Indonesia. Dia membeberkan salah satu alasan penangkapan kapal sering berganti identitas berbobot 1.322 gross tonnage tersebut.

"Itu panjang jaringnya 440 kilometer, itu bisa buat kerusakan di dalam laut. Luar biasa jaring itu, apa saja itu bisa masuk. Panjang jaringnya kaya Jakarta-Semarang, Bayangkan," kata Susi kepada wartawan di rumah dinasnya, kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu (16/3).

Dia menjelaskan kapal Viking memiliki 7.985 jaring. Setiap jaring memiliki panjang 50 meter. Makanya, kapal buronan Interpol tersebut bisa meraup USD 20 juta atau sekira Rp 240 miliar dari hasil menjual ikan curian.

Dilansir dari merdeka.com, menurut Susi, masih banyak kapal serupa FV Viking berkeliaran. Untuk itu, pemerintah bakal menjalin kerja sama dengan banyak negara untuk melakukan penangkapan.

"Semua negara kami ajak duduk bersama. Menurut kapten kapal, yang persis sama ada 20 kapal Viking. Ini seperti ghost vessel. Kapal hantu, didalam kapal aja ada 30 bendera."


loading...