Netizen Terharu Ketika Warga Libanon Teriak GARUDA, Saat Menyambut TNI

Para warga bisa mengenali prajurit Indonesia dengan sangat mudah, biasanya dengan melihat lambang bendera Merah Putih yang melekat di lengan kiri baju prajurit.


SuaraNetizen.com ~ Pasukan Kontingen Garuda TNI dikenal dekat dengan masyarakat di tempat mereka bertugas. Di Lebanon, mereka berhasil merebut simpati masyarakat.

Semenjak tergabung dalam pasukan pemelihara perdamaian dunia di Lebanon melalui bendera UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), Indonesia termasuk sebagai salah satu negara yang disegani karena keberhasilannya dalam mengukir prestasi.

Dilansir dari merdeka.com, beberapa negara yang terlibat dalam Satgas Unifil juga menjadikan Satgas Garuda sebagai referensi untuk mempelajari cara pendekatan terbaik terhadap masyarakat Lebanon. Mereka berharap dapat menjalin hubungan emosional yang baik dengan masyarakat lokal seperti yang dilakukan pasukan Indonesia.

"Garuda" menjadi sebuah nama yang familiar di tengah-tengah masyarakat Lebanon. Apabila seorang Prajurit TNI berbelanja, berkunjung ke masyarakat, atau bahkan hanya sebatas berpapasan sering sekali penduduk lokal menyambut dengan teriakan bersahabat "Garuda!" Kemudian akan dibalas teriakan yang sama oleh prajurit TNI.

Mereka bisa mengenali prajurit Indonesia dengan sangat mudah, biasanya dengan melihat lambang bendera Merah Putih yang melekat di lengan kiri baju prajurit.

"Yang paling unik menurut mereka adalah senyum khas Indonesia yang bersahabat," kata Komandan Kontingen Garuda 2015-2016, Kolonel Kav Jala Argananto.

Kolonel Argananto mengaku sudah jadi agenda wajib bagi pasukan Garuda untuk melaksanakan silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan penduduk lokal.

Dia selalu menekankan kepada para Prajurit Garuda untuk selalu menjaga hubungan dengan sesama Pasukan Penjaga Perdamaian termasuk dengan penduduk setempat, tetapi tentunya harus memperhatikan prinsip Imparsial (tidak memihak) serta kewaspadaan sebagaimana layaknya sebuah tugas operasi.

Kehadiran prajurit TNI sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian PBB berkali-kali mendapat pujian internasional.

"Bukan hanya menyangkut faktor keamanan semata, namun juga bermanfaat bagi kehidupan sosial di lingkungan tempat tugas," kata Force Commander Unifil Mayjen Luciano Portolano.

Hal senada juga disampaikan oleh Panglima Angkatan Bersenjata Lebanon Jenderal Jean Qahwaji. Dia mengatakan kehadiran Kontingen Garuda yang tergabung dalam Pasukan Penjaga Perdamaian PBB memberi ketenangan bagi warga setempat.

"Masyarakat Lebanon berharap selalu ada prajurit TNI Kontingen Garuda dalam penugasan UN Peacekeepers di Lebanon, karena pasukan Kontingen Garuda sangat mudah untuk berinteraksi dengan masyarakat Lebanon," katanya.

Rupanya aksi warga Libanon yang meneriakkan GARUDA...!!! kepada pasukan TNI itu membuat netizen indonesia terharu dan bangga.

Yahya Imron
terharu lihatnya....
Garudaku selalu di dada....?
Demi sang merah, melambangkan darah,
kutumpahkan pengabdianku demi engkau...

Dan Putih melambangkan tulang belulangku, kuatkan tulangku bagai besi yg siap mempertahankan jika sesuatu terjadi pada Negara kami , Negara kesatuan yg terpaut dalam NKRI.

semoga engkau terbang menumpas segala kebathilan,
hanya kepadamu kami angkat tangan kananku toek menghormat ....

jayalah indonesia raya amiin...!!!


Wahyu Cahya B Putratuban
Alhamdulillah, bismillah semoga TNI selalu jadi pengayom dan kebanggaan nusa bangsa, bangga dan bahagia mempunyai TNI yg bisa mengharumkan nama indonesia di mata dunia dan rakyat dunia. NKRI harga mati

Ega Pradana
Untung TNI yg di kirim ke lebanon,patut dipanggil GARUDA,
Kalau yg dikirim polisi Indonesia, warga lebanon pasti teriak.. "awas awas,ada razia.....!!!!....yg pakek motor hati hati ada razia.!!!

Darpe Jojo
Karena Indonesia memang manusia2 yg masih menjunjung tinggi tatakrama dan sopan santun...
Coba silahkan bandingkan dengan negara lain...

# Tolong ralat saya kalo ada salah

Jangan Di Temenin
Memang tuhan maha adil, walau sebelum kejadian pancasila di remehkan oleh artis lokal, sekarang pancasila di serukan oleh negara lain.

Bangga banget jadi warga negara indonesia.

Gunawan Muhlis
Garuda in Lebanon di sambut meriah . Alhamdulillah berkat doa2 sahabat setanah air . Kami selalu di sambut dengan baik . Aminnnn..... Garuda

Ayu Villa
Jempol aja lah bwt para TNI,memang pantas dibanggakan dibanding yg katanya mengayomi masyarakat tapi malah **********..haha (maaf kena sensor)

Wawancahyono
Aku salut dan bangga pada TNI.... maju terus BRAVO TNI INDONESIA....!!!!

Nurzaman Koto
NYATA SEKALI PAMOR PASUKAN GARUDA DI HARGAI DAN DI KAGUMI PELOSOK DUNIA....

Ini juga mungkin menjadi sindiran bagi artis yang kemarin melecehkan lambang negara Indonesia. Di luar negeri dihargai tapi orang negeri sendiri menjadikan lambang negara sebagai bahan lelucon yang nggak lucu. ©SuaraNetizen.com


loading...