Netizen Puji Pemerintah yang Siang ini Akan Eksekusi Kapal Viking Buruan Internasional

SuaraNetizen.com ~ Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia telah menangkap kapal FV Viking di lepas Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Penangkapan kapal berbendera Nigeria ini disebutnya sebagai prestasi luar biasa dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sebab, kapal ini telah diburu banyak negara selama bertahun-tahun.

"13 negara bertahun-tahun memburu FV Viking, kapal pencuri ikan lintas negara. Indonesia berhasil menangkapnya," kata Jokowi dalam akun twitternya , Senin (14/3/2016).

Rencananya, kata Jokowi, kapal itu dijadikan monumen melawan pencurian ikan.

Kapal FV Viking akan ditengglamkan siang ini di Pantai Pangandaran (Sumber: Facebook Joko Widodo)

"Kapal FV Viking akan ditenggelamkan separuh badan di Pengandaran untuk jadi monumen melawan illegal fishing," ujar Jokowi.

Kata mantan Wali Kota Solo ini, kapal pencuri ikan di berbagai belahan dunia itu akan ditenggelamkan siang ini di Pantai Pangandaran.

FV Viking yang berukuran 1.322 GT bertahun-tahun diburu oleh 13 negara di dunia karena menangkap ikan secara ilegal. "Kini, kita berhasil menangkapnya," lanjut Jokowi dalam akun Facebook-nya.


Menurut dia, FV Viking adalah bukti nyata kejahatan lintas negara yang melecehkan kedaulatan banyak negara.

"Kejahatan ini tidak bisa kita biarkan. Perang terhadap aksi pencurian ikan akan terus kita lanjutkan, sampai kedaulatan perairan kita betul-betul terwujud dan nelayan kita bisa hidup lebih sejahtera," ujar Jokowi.

Pada 25 Februari 2016, Komando Armada Kawasan Barat menangkap kapal yang menjadi buronan interpol selama bertahun-tahun itu.

Kapal tersebut ditangkap KRI Sultan Thaha Saifudin pada posisi 12.5 nautical mile perairan utara Berakit, Kepulauan Riau. Kapal yang dinakhodai Huan Venesa, seorang warga negara Chili, beserta 11 Anak Buah Kapal (ABK). Kemudian selanjutnya dikawal menuju Tanjung Uban.


Inilah presiden yg dlu dikatain kurang tegas,, tp dia berani dan gagah melawan arus,,sudah brp banyak kapal pencuri yg dihancurkan,, bagi para pecundang apapun yg dilakukan oleh presiden kita sll salah,,
Berantas trus pak para penjajah pencuri ikan,,
Semoga allah sll melindungi bapak& keluarga, aminn

@Enix...Presiden yg 1 ni memang luar biasa, bnyak yg tidak suka denganya krna dianggap terlalu sederhana. Dianggap pencitraan. Tp mereka yg buta akn kebenaran tdk pernah bisa melihat sesuatu yg nyata. Nyatanya presiden yg sederhana ini mampu berperang, mampu berdiri tegap melawan para pencuri ikan. Kesederhanaan presiden yg mampu menjadi contoh untuk smua rakyat.
Terus bekerja dg hati pak, Allah akan senantiasa bersama org2 yg jujur,sabar,dan tegas sprti bapak.

@Ismail...Sebagai warga negara sangat bangga, ketika kinerja bangsanya di akui dunia. Sperti dgn adanya penagkapan FV Viking oleh pengamanan dn ketahanan kedaulatan NKRI ini. Smoga bangsa lain tdk lgi menganggap remeh keseriusan dn kekuatan bangsa kita.

@Justi...Kalo kapalnya ditenggelamkan kosongan sayang banget pak......mending di isi dengan muatan penuh sampah masyarakat ( koruptor, bandar narkoba yg sdh inkract hukuman mati, teroris ) lalu suruh berlayar dilautan lepas....di bom pakai rudal angkatan laut. Itung -itung buat latihan target.


loading...