Legenda Sepak Bola Johan Cruyff Meninggal di Barcelona

Legenda Sepak Bola Johan Cruyff Meninggal di Barcelona


SuaraNetizen.com ~ Legenda pemain penyerang dan pelatih sepak bola Belanda Johan Cruyff meninggal dalam usia 68 tahun karena kanker paru-paru, demikian pesan dalam situs internetnya, Kamis (24/3/2016).

Situs Internet itu menyebut Cruyff meninggal di Barcelona, Spanyol, dan keluarganya hadir saat dia meninggal.

Cruyff mendapatkan julukan "total football" sebagai seorang pemain sepak bola dengan gaya bermain mengalir dan fokus pada penguasaan bola, umpan pendek, serta melibatkan seluruh anggota tim pada saat menyerang dan bertahan.

Dia juga dijuluki sebagai salah satu pemain terbaik dunia pada awal 1970-an saat membantu klub Ajax Amsterdam memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut pada 1971-1973. Cruyff mendapatkan gelar Pesepak Bola pada 1971, 1973, dan 1974.

Cruyff bergabung dengan klub Barcelona dengan sebuah rekor biaya transfer sebesar dua juta dolar AS serta klub Catalan yang kemudian merekrutnya sebagai pelatih dan memimpin klub meraih gelar La Liga pertama dalam 15 tahun pada 1974.

Dia juga merupakan pemain kunci dalam tim nasional Belanda yang mencapai putaran final Piala Dunia 1974 saat para penonton global melihat gaya bemain yang kemudian populer disebut "tikungan Cruyff". Gaya itu merupakan cara pemain yang mencoba menipu pemain bertahan dengan mengapit bola di belakang kaki sebelum membelokkan arah bola.

Cruyff adalah seorang perokok berat dan telah menjalani operasi jantung pada 1991. Kematiannya berjarak kurang dari enam bulan setelah Cruyff mengumumkan telah terdiagnosa kanker paru-paru.


loading...