Jokowi Dapat Aplaus Netizen Setelah Resmikan Waduk Nipah Yang Mangkrak 55 Tahun

Pembangunan Waduk Nipah Kecamatan Banyuates Sampang yang menelan dana APBN sebesar Rp 141,31 miliar sempat mangkrak puluhan tahun karena terganjal pembebasan lahan. Warga yang terkena pembebasan lahan untuk area penampungan air waduk tetap tidak bersedia melepaskan lahannya. Dan di masa Jokowi ini masalah pembebasan lahan terselesaikan. 


SuaraNetizen.com ~ Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Waduk Nipah di Desa Montor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Waduk berkapasitas volume air 6 juta meter kubik ini diharapkan bisa mengairi 1.150 hektare sawah irigasi dan menjadi sumber air minum, juga perikanan dan pariwisata.

Seperti yang dilansir dari merdeka.com, Jokowi menjelaskan, waduk ini sebenarnya sudah disetujui pada tahun 1973, dan mulai dikerjakan pada tahun 2004-2008. Namun karena masalah pembebasan lahan, pengerjaan konstruksi dihentikan dan dilanjutkan pada tahun 2014.

"Apa yang bisa dipelajari? Sama seperti Waduk Jatigede yang dimulai pada 1961 dan pembebasan lahan sudah dibayarkan pemerintah tapi tidak bisa diairi. Jadi hampir 55 tahun persoalan itu tidak bisa diselesaikan," kata Jokowi di Madura, Sabtu (19/3).

Dengan demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengapresiasi langkah-langkah semua pihak yang telah berusaha untuk mempercepat pembebasan lahan. Dia berharap, pembangunan Waduk Nipah akan meningkatkan produksi pangan.

"Bendungan ini disiapkan untuk jangka panjang dalam rangka produksi pangan kita. Kalau tidak nanti kita impor. Dengan membangun waduk produksi pangan melimpah dan dibayangkan 30-40 tahun lagi negara lain datang dan meminta untuk membeli pangan kita," imbuhnya.

Waduk Nipah adalah satu dari enam waduk yang sudah rampung di masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Lima waduk lain antara lain Waduk Bajulmati di Banyuwangi, Titab di Bali, Jatigede di Sumedang, Rajui di Aceh, dan Pandan Duri di Nusa Tenggara Barat. Hingga 2019 mendatang Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan bisa membangun 30 waduk di seluruh Indonesia.



Tentu saja kabar ini mendapat respon positif dari netizen indonesia :

Pak Jokowi kok kerjaannya bikin jalan tol, jembatan, dan waduk aja?? Kpn donk rilis cd album dan buku spt pendahulunya? ...@Andreas

Lanjutkan p.jokowi......
Bangun waduk yg banyak biar irigasi lancar demi kemakmuran petani...@Putra

Namun ada pula hater yang mencela Jokowi : Jokowi bisanya cuma ngresmiin doang...cuuuiiiiihhhhh  !!!!!"

Kita msyarakat..sudah seyogyanya mengapresiasi..kinerja..jokowi..55 thn dri rezim kang ato....bru d tangan lembek jokowi terelisasi...bukan tdak mungkin swasembada pangan indonesia akn trwujud....krna waduk itu sumber air irigasi sawah...trus lbih tinggkatkan lgi kinerja anda.salam 2priode buat jokowi...@Adi

loading...