DynCorp, Pasukan Bayaran Terbaru AS Tiba di Yaman Gantikan Blackwater

"Blackwater telah memutuskan untuk menarik diri dari wilayah Bab-el-Mandeb setelah pasukan Yaman menimbulkan kerugian besar pada mereka. UEA terpaksa menyewa tentara bayaran lain."


ADEN, SuaraNetizen.com ~ Rombongan pertama tentara bayaran dari perusahaan militer swasta AS, DynCorp, telah tiba di kota Aden, Yaman, untuk menggantikan militan bayaran dari perusahaan Amerika lainnya, Blackwater. Lihat sekilas tentang DynCorp di wikipedia : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Private_military_company


“Berdasarkan kontrak senilai 3-miliar dolar,   Uni Emirat Arab (UEA) menyewa tentara bayaran dari perusahaan DynCorp yang akan dikerahkan ke Yaman, di mana pasukan bayaran UEA itu akan melawan tentara Yaman dan Komite Rakyat atas perintah Saudi,” ungkap Khabar News Agency mengutip seorang pejabat Kementerian Pertahanan Yaman.


Pejabat yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan bahwa kontingen pertama dari tentara bayaran itu baru saja tiba di kota pelabuhan Aden untuk menggantikan para tentara Blackwater, sebuah kelompok militer bayaran terkenal Amerika.

Pejabat tersebut menambahkan bahwa tentara-tentara bayaran yang baru itu juga meliputi angkatan laut khusus, yang masuk melalui pelabuhan Ras Omran, barat daya dari Aden.


DynCorp adalah perusahaan saingan dari Blackwater, yang mempekerjakan tentara bayaran dan mengirimkan para tentara itu untuk bertarung di luar negeri dan dibayar untuk misinya tersebut.

Blackwater telah memutuskan untuk menarik diri dari wilayah Bab-el-Mandeb setelah pasukan Yaman menimbulkan kerugian besar pada mereka. UEA terpaksa menyewa tentara bayaran lain karenanya.

Arab Saudi melakukan agresi militer ke Yaman sejak akhir Maret tahun lalu. Setidaknya 8.400 orang telah tewas dan 16.015 lainnya menderita luka-luka dalam agresi tersebut. Agresi Saudi juga telah menyasar dan memporak-porandakan sarana dan prasarana negara miskin tetangganya itu, menghancurkan banyak rumah sakit, sekolah, dan pabrik-pabrik.

loading...