Tahlilan 7 Hari Sangat Populer di Mekkah dan Madinah Sebelum Wahabi Datang


SuaraNetizen.com ~ Amalan tahlilan (Memberikan makanan dan membaca al quran selama 7 hari setelah kematian) yang dianggap sesat oleh kaum wahabi ternyata dahulu sangat familiar dan populer dilakukan oleh kalangan ahli sunnah wal jamaah di Mekkah dan Madinah sebelum kedatangan aliran wahabi.

wahabi larang tahlilan, wahabi goblok, cingkrang  pekok, tahlilan populer , Tahlilan tahlilan adalah tahlilan mp3 tahlilan menurut nu tahlilan dalam islam tahlilan orang meninggal tahlilan muhammadiyah tahlilan ala muhammadiyah tahlilan menurut nu dan muhammadiyah tahlilan menurut islam tahlilan bid'ah tahlilan lengkap tahlilan dalam pandangan islam tahlilan band tahlilan bid'ah atau tidak tahlilan menurut persis tahlilan sesat tahlilan di arab tahlilan menurut dr zakir naik tahlilan menurut buya yahya tahlilan menurut alquran dan hadist tahlilan ajaran hindu tahlilan adalah bid'ah tahlilan aswaja tahlilan ada dalilnya tahlilan artinya tahlilan arab tahlilan apa hukumnya tahlilan almanhaj tahlilan adalah budaya hindu tahlilan aslibumiayu tahlilan apakah termasuk bid ah tahlilan arti tahlilan anis matta tahlil arwah tahlil arwah mp3 apakah tahlilan itu bid'ah tahlil arwah hukum tahlil adalah tahlilan bacaan tahlilan black metal tahlilan berapa hari tahlilan bahasa indonesia tahlilan boleh apa tidak tahlilan band metal tahlilan bid'ah salafi tahlilan buya yahya tahlilan bolehkah tahlilan boleh atau tidak tahlilan bukan bid'ah tahlilan berasal dari agama hindu tahlilan boleh tahlilan budaya hindu tahlilan band black metal tahlilan bukan tradisi hindu tahlilan bid'ah atau sunnah tahlilan cak nun tahlilan cirebon tahlilan cara tahlilan cuma ada di indonesia contoh tahlilan ceramah tahlilan tahlil cirebon ceramah tahlilan mp3 tahlil cirebonan tahlil.com beta hcg tahlil.com soru sor tahlil crp tahlil crp nedir tahlil.com hiv tahlil crp ne demek tahlil ck nedir tahlil.com aids tahlil.com hepatit tahlil cea tahlil cesitleri tahlilan di arab saudi tahlilan di yaman tahlilan dalam hukum islam tahlilan dan yasinan tahlilan dalam pandangan muhammadiyah tahlilan dari sudut pandang budaya dan sejarah tahlilan dalam mazhab syafi'i tahlilan dan doa arwah tahlilan dan doanya tahlilan di aceh tahlilan dlm pandangan islam tahlilan doa tahlilan di maroko tahlilan dalam nu tahlilan dalam al quran tahlilan dalam kitab weda tahlilan dilarang tahlilan eramuslim tahlil ebook ebook tahlilan tahlil english tahlil etmek tahlil etmek ne demek tahlil eş anlamlısı tahlil etmek nedir tahlil el hamel tahlil etmek ne demektir tahlil eos tahlil eos nedir tahlil edebiyat tahlil eş anlamı tahlil ekşi tahlil edilmiş şiir tahlil eritrosit tahlil e2 tahlilan firanda tahlilan full album tahlilan farid nu'man tahlil fida' fungsi tahlilan foto tahlilan tahlil for android fadilah tahlilan fiqih tahlilan fadhilah tahlilan fpi tahlilan fenomena tahlilan faedah tahlilan tahlil fidak tahlil free download tahlil full foto tahlilan band tahlil fatwa tahlil for blackberry tahlil for ipad tahlilan gothic tahlilan gothic mp3 tahlilan gus dur tahlilan gothic metal mp3 tahlilan gothic metal tahlilan gotik kahlil gibran guna tahlilan tahlil gusdur tahlil ggt tahlil ggt nedir tahlil gra nedir tahlil glukoz tahlil gran cara tahlil tahlilgaran tahlil garan tala tahlil gran nedir tahlil gold tahlil gr tahlilan haram tahlilan hindu tahlilan hari ke 3 tahlilan habib selon tahlilan habib munzir tahlilan hukum tahlilan haram atau halal tahlilan hari ke 7 tahlilan hukumnya apa tahlilan hanya ada di indonesia tahlilan hukum islam tahlilan hanya di indonesia tahlilan halal tahlilan hadits hukum tahlilan menurut islam hukum tahlilan dan yasinan hukum tahlilan menurut nu hukum tahlilan menurut muhammadiyah hukum tahlilan orang meninggal hukum tahlilan menurut empat madzhab tahlilan itu apa tahlilan itu bid'ah tahlilan indonesia tahlilan itu boleh tahlilan islam tahlilan itu bid'ah atau tidak tahlilan imam syafi'i tahlilan in english tahlilan imam syafi tahlilan itu apakah bid'ah tahlil in english tahlil islam tahlil itu apa isi tahlilan tahlilan menurut imam syafi'i apakah tahlilan itu haram tahlil için kan vermek orucu bozar mı tahlil isimleri tahlil için kan vermek orucu bozar mı diyanet tahlilan jam berapa tahlilan jawa tahlilan jaman nabi tahlilan javanese black metal tahlilan jar tahlilan jenazah tahlilan jefri tahlilan java tahlil jar tahlil java tahlil jenazah ta

Tak ada yang menganggap kegiatan itu sebagai sesuatu yang sesat. Namun setelah aliran wahabi yang dipelopori oleh Muhammad bin Abdul Wahhab dari Najd dan Ibnu Saud muncul dan menguasai Hijaz (Mekkah dan Madinah). Kegiatan tersebut divonis sesat dan dilarang.

Imam al-Hafidz Jalaluddin as-Suyuthi asy-Syafi’i rahimahullah (salah satu pengarang kitab tafsir Jalalain) didalam al-Hawi lil-Fatawi menceritakan bahwa kegiatan 'tahlilan' berupa memberikan makan selama 7 hari setelah kematian merupakan amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh umat Islam di Makkah maupun Madinah. Hal itu berlangsung hingga masa beliau :

أن سنة الإطعام سبعة أيام، بلغني أنها مستمرة إلى الآن بمكة والمدينة، فالظاهر أنها لم تترك من عهد الصحابة إلى الآن، وأنهم أخذوها خلفا عن سلف إلى الصدر الأول

“Sesungguhnya sunnah memberikan makan selama 7 hari, telah sampai kepadaku bahwa sesungguhnya amalan ini berkelanjutan dilakukan sampai sekarang (yakni masa al-Hafidz sendiri) di Makkah dan Madinah. Maka secara dhahir, amalan ini tidak pernah di tinggalkan sejak masa para shahabat Nabi hingga masa kini (masa al-Hafidz as-Suyuthi), dan sesungguhnya generasi yang datang kemudian telah mengambil amalan ini dari pada salafush shaleh hingga generasi awal Islam. Dan didalam kitab-kitab tarikh ketika menuturkan tentang para Imam, mereka mengatakan “manusia (umat Islam) menegakkan amalan diatas kuburnya selama 7 hari dengan membaca al-Qur’an’. [1]

Hal ini kembali di kisahkan oleh al-‘Allamah al-Jalil asy-Syaikh al-Fadlil Muhammad Nur al-Buqis didalam kitab beliau yang khusus membahas kegiatan tahlilan (kenduri arwah) yakni “Kasyful Astaar” dengan menaqal perkataan Imam As-Suyuthi :

أن سنة الإطعام سبعة أيام بلغني و رأيته أنها مستمرة إلى الأن بمكة والمدينة من السنة 1947 م إلى ان رجعت إلى إندونيسيا فى السنة 1958 م. فالظاهر انها لم تترك من الصحابة إلى الأن وأنهم أخذوها خلفاً عن سلف إلى الصدر الإول. اه. وهذا نقلناها من قول السيوطى بتصرفٍ. وقال الإمام الحافظ السيوطى : وشرع الإطعام لإنه قد يكون له ذنب يحتاج ما يكفرها من صدقةٍ ونحوها فكان فى الصدقةِ معونةٌ لهُ على تخفيف الذنوب ليخفف عنه هول السؤل وصعوبة خطاب الملكين وإغلاظهما و انتهارهما.

“Sungguh sunnah memberikan makan selama 7 hari, telah sampai informasi kepadaku dan aku menyaksikan sendiri bahwa hal ini (kenduri memberi makan 7 hari) berkelanjutan sampai sekarang di Makkah dan Madinah (tetap ada) dari tahun 1947 M sampai aku kembali Indonesia tahun 1958 M. Maka faktanya amalan itu memang tidak pernah di tinggalkan sejak zaman sahabat nabi hingga sekarang, dan mereka menerima (memperoleh) cara seperti itu dari salafush shaleh sampai masa awal Islam. Ini saya nukil dari perkataan Imam al-Hafidz as-Suyuthi dengan sedikit perubahan. al-Imam al-Hafidz As-Suyuthi berkata :

“disyariatkan memberi makan (shadaqah) karena ada kemungkinan orang mati memiliki dosa yang memerlukan sebuah penghapusan dengan shadaqah dan seumpamanya, maka jadilah shadaqah itu sebagai bantuan baginya untuk meringankan dosanya agar diringankan baginya dahsyatnya pertanyaan kubur, sulitnya menghadapi menghadapi malaikat, kebegisannyaa dan gertakannya”. [2]

Istilah 7 hari sendiri didasarkan pada riwayat shahih dari Thawus yang mana sebagian ulama mengatakan bahwa riwayat tersebut juga atas taqrir dari Rasulullah, sebagian juga mengatakan hanya dilakukan oleh para sahabat dan tidak sampai pada masa Rasulullah.

[1] al-Hawi al-Fatawi [2/234] lil-Imam al-Hafidz Jalaluddin as-Suyuthi.

[2] Kasyful Astaar lil-‘Allamah al-Jalil Muhammad Nur al-Buqir, beliau merupakan murid dari ulama besar seperti Syaikh Hasan al-Yamani, Syaikh Sayyid Muhammad Amin al-Kutubi, Syaikh Sayyid Alwi Abbas al-Maliki, Syaikh ‘Ali al-Maghribi al-Maliki, Syaikh Hasan al-Masysyath dan Syaikh Alimuddin Muhammad Yasiin al-Fadani.
loading...