Kisah Nabi Ya'kub Protes Kepada Malaikat Maut Soal Tanda Kematiannya

Kisah Nabi Ya'kub & Kisah Malaikat Maut ~ Setiap yang hidup akan mengalami yang namanya mati, kecuali yang Maha Hidup yaitu Allah. Allah tidak akan mati dan binasa. Dia kekal tak ada habisnya.


Kematian akan menimpa kita dengan berbagai cara. Ada yang mati saat sedang melakukan kebaikan, ada juga yang mati saat melakukan maksiat (semoga kita terhindarkan dari kematian yang buruk).

Sesuatu yang terjadi didunia ini sebenarnya ada tanda tandanya, tanda hujan adalah mendung, tanda sakit adalah pucat, dan tanda tanda yang lain dari suatu peristiwa.

Termasuk juga kematian, malaikat maut ternyata telah mengutus sebuah tanda tanda kematian kepada kita sebelum nyawa kita diambil. Namun kebanyakan kita tidak menggubris atau tidak menyadari tanda kematian itu.

Ada sebuah kisah, yaitu kisahnya Nabi Ya'kub yang mempertanyakan utusan malaikat maut yang akan mengabarkan kepadanya bahwa tanda kematiannya akan tiba. Simak kisahnya berikut :

Sebagaimana kebanyakan nabi-nabi lainnya, Nabi Ya’kub AS bersahabat dengan Malaikat Izrail atau malaikat maut yang bertugas mencabut nyawa. Suatu ketika Malaikat Izrail mengunjungi Nabi Ya’kub, dan beliau berkata, “Wahai malaikat maut, engkau datang hanya sekedar mengunjungi aku atau akan mencabut nyawaku?”

Malaikat Izrail berkata, “Aku hanya sekedar berkunjung!!”

“Bolehkan aku meminta agar engkau memenuhi satu keinginanku?’ Tanya Nabi Ya’kub.

“Apa itu?” 

“ Kuminta agar engkau memberitahukan kepadaku jika saat ajalku telah dekat dan engkau akan mencabut nyawaku!!”

“Baiklah,“ Kata Malaikat Izrail, “Aku akan mengirimkan kepadamu dua atau tiga utusan jika saat ajalmu telah dekat!!”

Beberapa tahun kemudian, ketika saat ajal Nabi Ya’kub telah tiba, Malaikat Izrail datang kepada beliau, dan seperti biasanya beliau berkata, “Wahai malaikat maut, engkau datang hanya sekedar mengunjungi aku atau akan mencabut nyawaku?”

Malaikat Izrail berkata, “Aku datang untuk mencabut nyawamu!!”

Tentu saja Nabi Ya’kub kaget dengan jawaban tersebut, beliau sedikit protes dengan berkata, “Bukankah engkau telah berjanji akan mengirimkan dua atau tiga utusan jika saat ajalku telah dekat?”

Malaikat Izrail berkata, “Wahai Ya’kub, aku telah melakukannya. Putihnya rambutmu setelah sebelumnya hitam, kelemahan tubuhmu setelah sebelumnya kuat, dan kebongkokan tubuhmu setelah sebelumnya tegak, semua itu adalah utusanku kepadamu dan juga kepada anak Adam lainnya, sebelum saat ajalnya tiba!!”

Ternyata ya sobat netizen, uban yang sudah sangat biasa kita lihat adalah utusan malaikat maut alias tanda kematian untuk memperingatkan kita bahwa kematian telah dekat dengan kita.

Semoga kita termasuk yang mendapatkan kematian yang baik. Aamiin

loading...