29 Februari Tanda Tahun Kabisat, Ini fakta Uniknya

Tahun Kabisat ~ Sebagaimana yang kita ketahui setiap empat tahun sekali, selalu ada yang berbeda lho di bulan Februari. Nah, hal itu terjadi di bulan ini, Februari 2016, yaitu, munculnya kembali si lucu tanggal 29 atau yang kita kenal dengan sebutan Tahun Kabisat. oke, kita cari tahu seputar tahun kabisat.


INI GARA-GARANYA KEKURANGAN HARI

Siapa yang ulang tahunnya tanggal 29 Februari? Hehehe, ngerayainnya empat tahun sekali, unik sekaligus ngenes plus nggak tua tua.

Secara umum, tahun kabisat adalah tahun yang bisa dibagi dengan angka empat atau ada satu hari penambahan di tahun tertentu sehingga dalam satu tahun ada 366 hari bukan 365 hari.

Keunikan tahun kabisat ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu pada zaman Julius Caesar yang memimpin Kekaisaran Romawi.

Gara-gara kebingungan soal penanggalan yang enggak tepat, Julius Caesar meminta seorang ahli perbintangan, Sosigenes untuk membuat penanggalan yang benar dan tetap.

Setelah diutak-atik, eh, ternyata satu tahun di bumi berjumlah 365,25 hari. Supaya lebih mudah, Sosigenes menggenapkannya menjadi 365 hari. Lalu kemana lagi sisanya?

Sosigenes menggabungnya menjadi 1 hari setiap empat tahun sekali. Nah, itulah yang disebut tahun kabisat.

Bulan Februari terpilih sebagai bulan untuk tahun kabisat. Ini karena jumlah harinya yang paling sedikit setiap tahunnya.

Bulan Agustus dan Kalender Kabisat
Setelah Julius Caesar diganti oleh Kaisar Ahustus, kalender kembali diutak-utik! Ia mengganti bulan Hexelius menjadi bulan Agustus yang hampir mirip dengan namanya.

Enggak cukup itu saja, ia juga menambahkan satu hari pada bulan Agustus. Awalnya si bulan Hexelius hanya terdiri dari 30 hari, nah, kali ini, si Ahustus menambahkan satu hari sehingga Agustus menjadi 31 hari.

Wah, wah, dapat dari mana satu hari itu, yah? Kaisar mengambil satu hari dari bulan Februari . Jadi, jumlah hari di bulan Februari menjadi 28 hari pada tahun biasa dan 29 hari pada tahun kabisat.
Hmm, yang lebih unik lagi kalau ada yang berulang tahun tanggal 29 Februari. Berarti, ia hanya merayakan hari jadinya empat tahun sekali.

Hehe, meski begitu, umur tetap bertambah, lho, enggak mungkin usianya segitu-gitu saja. Ya, kan?

Revolusi Bumi terhadap Matahari-lah yang menyebabkan tahun Kabisat muncul


Sejak saat itulah bulan Agustus menjadi 31 hari sampai saat ini dan bulan Februari hanya punya 28 hari di tahun-tahun reguler. Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa harus Februari yang jadi korban?

Karena pada masa itu, bulan terakhir dalam satu tahun adalah Februari dan ini sudah ditetapkan semenjak era Raja Numa Pompilius, seperti dilansir Telegraph.

Hanya saja kriteria tahun Kabisat ala pemimpin Romawi ini bermasalah setelah dipakai selama 1.500 tahun. Hingga akhirnya Paus Gregorius XIII mengubah kriteria tahun Kabisat menjadi tahun yang habis dibagi empat yang dimulai pada tahun 1582. Bicara soal tahun Kabisat, rupanya ada banyak sekali mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Seperti salah satunya dari China yang menyebut kalau mereka yang terlahir di 29 Februari umumnya tak pandai berbisnis dan akan mengalami kesulitan dalam hidupnya.

FAKTA MENARIK TAHUN KABISAT

Menurut ahli statistik, Courtney Taylor, perbandingan bayi lahir di hari kabisat di seluruh dunia adalah 1 : 1.460. Hal ini berarti, sebanyak 0.07% persen populasi dunia lahir pada 29 Desember atau sekira 4,8 juta orang.

Grup Khusus Bayi yang Lahir Pada 29 Februari

Bagi Anda yang lahir tepat 29 Februari dapat bergabung dengan klub ini. Grup bernama "The Honour Society of Leap Year Day Babies" sudah memiliki 11 ribu anggota.

29 Desember Merupakan Hari Penyakit Langka

Dari sekitar 7000 pentyakit langka di dunia, penyakit Crohn dan sindrom Tourette diperingati saat hari kabisat.

Apa yang terjadi jika Anda lahir di tanggal 29 Februari?

Jika Anda lahir pada tanggal 29 Februari, apakah Anda hanya akan berulang tahun empat tahun sekali? Jawabanya tidak. Mereka yang lahir tepat pada hari kabisat dapat memilih untuk berulang tahun di tanggal 1 Maret atau 28 Februari ketika bukan di tahun kabisat.


Kejadian penting di hari kabisat

Sejarah mengatakan ada beberapa kejadian penting yang terjadi tepat pada tanggal 29 Februari. Beberapa kejadian tersebut adalah:

- Tahun 1996 penyerangan ke Sarajevo dihentikan setelah terjadi selama hampir empat tahun.

- Tahun 1984 Pierre Trudeau mundur sebagai perdana menteri Kanada.

- Tahun 1964 sepupu ratu Elizabeth II melahirkan anak yang diberi nama James Ogilvy.

- Tahun 1960 ribuan orang tewas dalam gempa di kota Agadir, Maroko.

- Tahun 1940 Hattie McDaniel merupakan warga kulit hitam pertama yang menerima penghargaan Oscar atas perannya di film Gone with the Wind.

Ternyata begitu ya fakta fakta tentang tahun kabisat yang tidak kita sadari. 

loading...