Terbongkar, Kenapa Pohon Ini Bisa Berjalan Sendiri

Ada sebuah pohon unik di hutan hujan tropis Ekuador, apa keunikannya ? Pohon ini bisa berpindah sendiri seperti pohon raksasa Ent pada film Lord of The Rings.


Tidak seperti pohon Ent, pohon jenis palem itu mampu bergeser dari tempatnya semula sejauh jarak 20 meter per tahun. Pohon dengan nama Socratea exorrhiza atau sering diklaim Walking Palm ini berada dalam di hutan lindung Sumaco Biosphere Reserve yang dilindungi oleh badan UNESCO.

Jika pohon Ent berpindah seperti kita berjalan dengan kakinya, Walking Palm bergeser dengan menumbuhkan akar baru sepanjang dua hingga tiga sentimeter tiap hari utk mencari pijakan baru.

"ketika tanah mengalami erosi, pohon menumbuhkan akar baru yang panjang buat menemukan tanah baru yang lebih kuat. Akar tadi kadang-kadang panjangnya sampai 20 meter tiap tahun," ucap Peter Vrsansky, seorang palaeobiolog dari akademi Earth Science Institute Academy of Sciences, Slovakia Bratislava.


"kemudian, secara pelan pelan, ketika akar telah menetap pada tanah baru, pohon akan condong ke arah akar baru serta akar yang usang perlahan-lahan mengangkat ke atas. Semua proses utk pindah ke kawasan baru menggunakan sinar mentari  yang lebih baik serta tanah lebih kuat dapat berlangsung sampai beberapa tahun."

Vrsansky, pemandu lokal serta aktivis cagar alam Thierry García telah menghabiskan beberapa bulan terakhir tinggal di hutan sambil membuat dokumentasi ancaman yg membahayakan beberapa keajaiban biologis di dalamnya.


Sungguh disayangkan, semenjak 2010, sekitar 200 hektar hutan sudah ditebang di dekat cagar alam Bigal River Biological Reserve, sebuah stasiun penelitian di negara Perancis yang jadi bagian dr Sumaco. Pada daerah lain di cagar alam, ribuan hektar hutan telah ditebang utk pembangunan akses jalan di tahun 1986.

"Penebangan ini sangat memalukan karena Ekuador merupakan salah satu negara di dunia dengan punya kawasan lindung tertinggi. Sayang, pohon-pohon itu tidak bisa berjalan relatif cepat utk melarikan diri dari gergaji dan  pedang yg didukung oleh undang-undang saat ini," ucap Vrsansky.

(sumber: bbc.Com)

loading...