Khasiat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Menakjubkan

Khasiat Daun Sirih -- Saya kira kita semua sudah pernah melihat daun sirih. Dari jaman dulu nenek-nenek kita orang indonesia sangat masyur dengan kebiasaan “nyirih”-nya. Sirih sendiri mempunyai banyak jenis. Ada sirih hijau, merah, dan  hitam. Masing-masing dengan manfaat tidak sama. 

Khasiat Daun Sirih - 

Serupa tetapi tak sama. Sirih sendiri sudah dari sejak lama  digunakan oleh para leluhur kita utk dijadikan pengobatan alternatif yang bisa buat mengobati segala jenis penyakit. Ini jugalah alasan  adanya budaya “nyirih” itu sendiri utk memperkuat gigi serta gusi yg ternyata hasilnya luarbiasa. 

Caranya ialah dgn mencampurkan daun sirih, kapur sirih, pinang, kapulaga, dan  gambir. Lalu, semuanya digulung pada daun sirih serta dikunyah atau digosokkan di gigi sampai warnanya gigi berubah. Sehabis itu, kumur dengan air dan dibuang jangan ditelan. Hasilnya adalah gigi serta gusi yang senantiasa mengagumkan kondisinya. Padahal waktu zaman dahulu belum ada peralatan modern mirip sekarang. 

Perbedaan dari sirih-sirih tersrbut adalah dari warna daun yg dimiliki. Sirih merah mempunyai warna daun yang kemerahan. Sedangkan sirih hijau memiliki warna daun yg hijau segar. Lalu sirih hitam mempunyai daun yg warnanya kehitam-hitaman.
Diantara ketiga jenis sirih tadi, terdapat dua yg paling populer. Daun sirih hijau dan  merah adalah yang paling populer . Di artikel ini akan dibahas 2 jenis sirih saja: sirih hijau dan  sirih merah. 

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SIRIH HIJAU 

Khasiat Daun Sirih - 

Daun sirih hijau mempunyai warna hijau muda terang. Sirih hijau populer dgn nama latin Piper betle, Linn. Sirih hijau termasuk dlm famili Piperaceae. Biasanya Sirih hijau merambat di tumbuhan lain. Akan tetapi, sirih hijau bisa pula merambat pada tanah. 

Sirih hijau kaya akan kandungan minyak atsiri, estragol, fenil propana, kavicol, kavibetol, hidroksikavicol, caryophyllene, cadinene, allylpyrokatekol, cyneole, tanin, diastase, pati, seskuiterpena, terpennena, dan  gula. 

Kandungan minyak atsiri dalam sirih hijau ini dan  beberapa di antaranya manjadikan daun sirih hijau sebagai salah satu antijamur yang paling baik. 

Sirih hijau memiliki manfaat menjadi berikut : 

- Mengobati sakit gigi
- Mengobati keputihan – bentuk mengobati keputihan ini terjadi dikarenakan sirih hijau mempunyai antijamur yg mampu membunuh kuman jahat pada daerah kewanitaan.
- Mengobati gusi bengkak
- Mengobati sariawan
- Obat semprot hama
- Menghilangkan bau mulut tak sedap
- Memperlancar haid
- Mengobati demam berdarah
- Menghilangkan bau badan
- Mengobati eksim dan  penyakit kulit
- Membersihkan mata
- Menghentikan mimisan
- Mengobati asma
- Mengobati diare
- Mengobati luka bakar
- Mengobati radang tenggorokan
- Memperlambat penuaan karena kandungan antioksidan
- Mengusir serangga
- Mengatasi sembelit
- Mengatasi persoalan penafasan
- Mengurangi peradangan
- Mengobati batuk
- Menghilangkan jerawat serta bekas luka
- Mengobati sakit punggung  


MANFAAT DAUN SIRIH MERAH 

Khasiat Daun Sirih - 

Sirih merah sering ditemui di hutan yang tidak terlalu rapat ekosistemnya. Daun Sirih merah kaya akan kandungan  minyak terbang (betiephenol), hidroksikavikol  atsiri, seskuiterpen, pati, kavibetol, allylprokatekol, diastase, tanin, gula dan  zat samak dan  kavikol yg mempunyai daya mematikan kuman, aktioksidasi dan  fungisida, sebagai anti jamur. 

Daun sirih merah memiliki manfaat menjadi berikut : 

- Mengatasi keputihan
- Menghilangkan bau badan
- Mengobati diabetes
- Menghilangkan bau mulut 

Mungkin masih banyak yg belum diketahui tentang sirih merah yang daunnya berbentuk hati pada bagian puncaknya ini. Hal ini dikarenakan masih sangat jarangnya penelitian dari para pakar yg menggunakan sirih merah sebagai objek penelitian. Tidak sama dengan khasiat serta manfaat daun sirih hijau telah banyak dijabarkan dgn rapi dan  diketahui secara umum . 

CARA MEMAKAI DAUN SIRIH UNTUK PENGOBATAN
Kedua jenis daun ini mempunyai manfaat yg nyaris sama. Pengolahan yg dibutuhkan utk keduanya pun sama pula. Tinggal lakukan teknik rebusan saja untuk digunakan sebagai obat dalam. 

Teknik rebusan yang dilakukan adl dengan memasukkan beberapa lembar daun sirih kedalam panci campur dengan beberapa gelas air , dan rebus sampai jumlah air susut. Sesudah itu, air rebusan yg telah susut itu diminum. 

Sedangkan untuk obat luar, teknik yg digunakan adl dgn membalurkan sirih ke bagian-bagian luar yg sakit. Baik dengan cara setelah daun dihaluskan dulu atau dgn cara daun hanya diletakkan saja. 

Pemaparan di atas tentu membuka pengetahuan baru bagi kita tentang obat herbal yg bagus untuk pengobatan alternatif murah. Jadi akan sangat penting membudidayakan daun sirih ini. Demikian atrikel tentang khasiat daun sirih hijau dan merah yang sangat menakjubkan. Semoga bermanfaat.

loading...