Foto foto Kerusuhan Pembakaran Kampung Gafatar di Kalimantan

Foto foto Kerusuhan Pembakaran Kampung Gafatar di Kalimantan

Sebanyak 1.919 jiwa anggota Gafatar terpaksa dievakuasi untuk menghindari amuk massa saat massa membakar pemukiman mereka di Desa Moton, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa petang, 19 Januari 2016.


Ketegangan tidak dapat dihindari, saat ratusan massa tiba-tiba menyerang pemukiman warga Gafatar. Mereka meminta ribuan pengikut Gafatar yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa untuk angkat kaki dari Kalimantan.


Suasana makin mencekam, karena jumlah petugas keamanan tidak dapat menghalau masyarakat yang melakukan pembakaran. Hingga pukul 18.00 WIB, massa masih bersitegang, petugas terus berupaya untuk mengevakuasi anggota Gafatar dan menghalau massa untuk tidak melakukan kekerasan terhadap pengikut Gafatar ini.


Wajah-wajah panik dan takut terpancar dari pengkikut Gafatar. Jerit tangis terdengar, mereka juga hanya bisa pasrah dan melihat pemukiman yang telah mereka bangun sejak dua bulan lalu dibakar massa.


Ketegangan juga terjadi saat petugas mengevakuasi seorang wanita pengikut Gafatar yang dalam kondisi sakit. Wanita ini hampir saja terlewatkan untuk dievakuasi.


Massa makin beringas. Mereka tetap memaksa para pengikut Gafatar itu segera pergi dari kampung mereka. Aparat yang berada di lokasi kejadian tidak bisa berbuat banyak padahal petugas yang berasal dari Polres Mempawah, Polda Kalbar, dan aggota TNI dipersenjatai lengkap.

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari pihak keamanan dalam hal ini Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Saat dikonfirmasi atas kejadian itu, Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Arianto, mengakui kalau pihaknya masih mengunggu laporan lengkap dari kejadian ini.(viva.co.id)


loading...