Cara Mudah Mengatasi Keputihan (Efektif)

Cara Mengatasi Keputihan - Apakah Miss.V anda sering sekali gatal hingga mengeluarkan lendir berwarna putih serta berbau tidak sedap ? Hati-hati buat kaum hawa Bila hal tadi terjadi pada diri anda. Jangan-jangan Miss.V anda bermasalah. 

cara mrngatasi keputihan, mengobati keputihan

Miss.V memang sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Gaya hidup yang kurang sehat, perubahan aktivitas serta tertekan akan menyebabkan Miss.V anda mengalami Fluor Albus . Fluor Albus atau  keputihan ialah infeksi yang disertai gatal gatal pada  miss V dan disekitar miss V bagian luar, lalu disertai juga dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu . 

PENYEBAB KEPUTIHAN :
- Terlalu sering menggunakan WC umum  yang kotor
- Ketidakseimbangan hormon
- tanda-tanda terjangkit suatu penyakit tertentu

- Rusaknya ekuilibrium biologis serta keasaman (ph) lingkungan miss v.

- Sering sekali menggunakan tissue ketika membasuh bagian kewanitaan, sesudah buang air kecil maupun buang air akbar

- Sering memakai pakaian dalam  yang ketat dari bahan sintetis (bukan katun), akibatnya banyak berkeringat dan  memudahkan munculnya jamur.

- Panty liner tidak diganti
- Kurang menjaga kebersihan miss v
- Kelelahan yg amat sangat
- tertekan/stres
- Ketika menstruasi pembalut tidak segera diganti

- Salah arah ketika membilas miss v , yaitu dr arah anus ke arah depan miss v

- sering bertukar celana dalam/handuk dengan milik orang lain

- sering membasuh miss v , yg harus dibsuh merupakan vulva (bagian yang menggembung) dan  bukan miss v nya.

- tidak menjalani gaya hidup sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, kurang tidur)

- Lingkungan sanitasi yang kotor.

- Keseringan berganti pasangan S*X
- Kadar gula darah tinggi
- Keseringan  menggaruk miss v

- keseringan  mandi berendam dengan air hangat dan  panas. Jamur/fungi yang mengakibatkan keputihan lebih mungkin tumbuh saat hangat.

Dengan memperhatikan cairan yg keluar, terkadang dapat diketahui penyebab keputihan.

- Keputihan yang disertai bau busuk dapat ditimbulkan oleh kanker.

- Infeksi kencing nanah, contohnya, menimbulkan cairan kental, bernanah dan  berwarna kuning agak kehijauan.

- Keputihan yang disebabkan oleh bakteri Vaginosis atau Gardnerella, Keputihan jenis ini mempunyai ciri-ciri , warnanya  abu-abu, tidak terlalu kental,  cairan berbuih, mengeluarkan bau yg amis, dan  gatal yang Mengganggu.

- Keputihan yang disebabkan oleh jamur Candida albicans, Keputihan jenis ini mempunyai ciri spesifik,  warna putih mirip susu,cairan kental,  bau tidak sedap serta sangat gatal, terkadang dapat menyebabkan radang di miss v sehingga kelihatan kemerahan.

- Keputihan yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis, Jenis keputihan  ini memiliki ciri-ciri , warnanya kehijauan atau kuning,  cairan berbuih serta bau amis, tidak menimbulkan gatal, tetapi waktu ditekan, miss v akan terasa sakit. Keputihan ini bisa ditularkan melalu korelasi S*ks yg tidak sehat, perlengkapan kamar mandi atau kloset.

- Keputihan yang disebabkan oleh virus, Keputihan jenis ini bisa diakibatkan oleh virus, Herpes, HIV, atau Candyloma. Keputihan yang diakibatkan  jenis ini bisa memicu kanker rahim, pada keputihan herpes biasanya disertai gejala herpes seperti luka yg melepuh, sedangkan di keputihan candyloma disertai tanda-tanda candyloma berupa kutil-kutil yg tumbuh pada miss v atau rahim. Penyakit herpes atau candyloma terkadang tak terdeteksi secara dini, karena umumnya indikasi tandanya tidak mudah dilihat, karena betada di dalam miss v .

CARA MUDAH MENGATASI KEPUTIHAN :

daun sirih mengobati keputihan, hijau daun

1. Gunakan Pembalut yang sempurna

Pembalut teman akrab bagi perempuan   saat sedang menstruasi. Tidak bisa dihindari lagi pembalut merupakan cara simple yang biasa digunakan para wanita   yang sedang menstruasi supaya mampu menyerap darah agar tidak meleleh kemana mana. 

Akan tetapi taukah anda , salah  memilih pembalut justru bisa berakibat anda mengalami keputihan . Pilihlah pembalut yang memakai bantalan yang berkualitas, mengandung kandungan herbal . Dan  yang paling penting gantilah pembalut 4 jam sekali dalam sehari.

2. Menjaga kelembapan Miss.V

Berdasarkan tips dari Dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG seorang ahli Kebidanan & Kandungan, menjaga kelembapan Mis.V adalah pencegahan awal buat menghindari keputihan. Taraf keasaman yang baik buat miss.V ialah 3,5 . 

Perubahan warna dan  bau yang tidak sedap bisa ditimbulkan tingginya tingkay keasaaman apabila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada daerah kewanitaan . 

Untuk menjaga kelembapan Miss.V maka disarankan supaya tidak membersihkan miss v dengan douching [obat semprot air] karena mampu Mengganggu ekuilibrium ph pada miss V. Penggunaan douche justru mampu mempertinggi risiko iritasi.

3. Bersihkan Miss.V dengan Benar

Selain kelembapan yg terpenting adalah menjaga kebersihan Miss.V secara teratur dan  waktu membersihkan miss V sebaiknya mulai dari arah depan ke belakang (asal arah vulva ke anus) hal ini untuk menghindari kuman yg menempel di anus ke miss v.

4. Cara Tradisional atasi Keputihan dengan Daun Sirih

Daun sirih mempunyai kandungan minyak terbang (batlephenol) dan  kandungan kavinol yg mempunyai manfaat bagus untuk mematikan kuman, kandungan antioksidan serta anti jamur. Maka tidak heran leluhur kita terdahulu memakai daun sirih untuk mengatasi keputihan. 

Adapun cara yaitu ambil 10 lembar daun sirih yang telah dicuci kemudian siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panci lalu merebusnya, setelah direbus dinginkan air rebusan tadi dan  basuhkan ke semua organ bagian kewanitaan.

5. Memperbanyak Konsumsi bawang putih

Selain sebagai bumbu masak. Saat ini bawang putih tidak hanya dikenal bahan penyedap akan tetapi juga mempunyai khasiat kesehatan yang sangat bagus . Bawang putih memiliki zat anti bakteri, anti kulat , dan  anti virus yang bisa menghambat perkembangan bakteri, kulat (jamur), serta virus. 

Bawang putih memiliki kekuatan antibakteri. Menaikkan konsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.

6. Olah raga teratur, Pola makan seimbang dan Hindari Stres

Menghindarikan diri dari stress serta melakukan olahraga seimbang adalah solusi tepat buat anda. Lakukan olahraga satu minggu 2 kali secara teratur . Komsumsi juga kuliner yg sehat seperti minum susu ataupun yogurt karena kandungan dalam susu terdapat bakteri baik yg menjaga keseimbangan bakteri candida.

Demikian cara mengatasi keputihan, semoga artikel ini bermanfaat serta tidak ada salahnya buat mencoba. Dan  Jika terdapat infeksi maka harus diberikan antibiotic yang sempurna dengan menggunakan resep dokter.
loading...