Asam Urat : Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Asam Urat dengan Alami

Asam Urat : Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Asam Urat dengan Alami

Penyakit Asam urat ialah penyakit yang menyerang bagian persendian tubuh, pada umumnya sendi jari tangan, pergelangan kaki, tumit, jari kaki, siku, lutut dan pergelangan tangan. Rasa nyeri dan sakit yang diakibatkan asam urat ini sangat luar biasa. Sampai-sampai, penyakit ini bisa menyebabkan bagian-bagian tubuh yang terserang mengalami peradangan dan pembengkakan.


Asam urat adalah sebuah manifestasi dari metabolisme zat purin yang terbentuk menyerupai kristal-kristal. Kita dapat menemukan zat purin tersebut di dalam makanan yang kita konsumsi, baik itu berasal dari nutrisi hewani maupun nabati. Jadi, jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka zat purin itulah yang nantinya berpindah ke dalam tubuh.

Penyebab Asam Urat Apa Saja ?

Munculnya Asam urat dikarenakan adanya kristal asam urat yang menggumpal pada jaringan ikat, yaitu sela-sela antara dua tulang atau dalam tulang itu sendiri. Asam urat lalu akan menggumpal dan mengkristal didaerah persendian yang kemudian mengakibatkan munculnya tanda-tanda dan gejala peradangan dan pembengkakan yang dalam bahasa medisnya disebut asam urat berlebihan pada aliran darah (hyperuricemia). Munculnya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

1.) Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung zat purin sehingga mengakibatkan kandungan purin berubah menjadi asam urat ketika metabolisme terjadi.

2.) Keadaan ginjal yang tidak sanggup membuang kelebihan asam urat hal itu disebabkan zat purin yang masuk kedalam tubuh terlalu banyak.

3.) Kristal asam urat yang menggumpal di persendian terlalu banyak sehingga hal ini menimbulkan rasa nyeri, linu, panas, pembengkakan, kaku, serta peradangan pada persendian.

Gejala Penyakit Asam Urat

Makanan yang kita makan nantinya akan diolah melalui proses metabolisme yang kemudian akan menghasilkan asam urat. Oleh sebab itu, setiap orang bisa dipastikan memiliki kadar asam urat. Tetapi, yang membahayakan tubuh manusia adalah yang kadar asam uratnya tinggi (berlebihan).

Untuk mengatasi masalah asam urat ini, bisa dengan resep obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter. Namun, ada pula cara mengatasi asam urat secara alami yang dapat Anda gunakan secara aman dan efektif. Tapi, sebaiknya kita juga harus mengetahui gejala-gejala asam urat berikut ini agar kita bisa menanganinya lebih cepat sebelum bertambah parah. Apa gejala asam urat? berikut ini adalah beberapa gejala asam urat, silahkan simak :

– Sering merasa lelah dan tubuh terasa pegal-pegal dan linu.

– Merasakan nyeri di daerah otot , persendian pinggang, pergelangan kaki, lutut, punggung, bahu dan pundak. Tandanya dengan munculnya pembengkakan, kemerahan disertai rasa nyeri yang luar biasa pada bagian persendian tersebut baik di waktu pagi maupun malam hari.

– Sering kencing di pagi hari ketika bangun tidur, maupun malam hari. Pada umumnya lebih sering di malam hari.

– Pada bagian tertentu sering kesemutan dan merasakan linu yang hebat.

– Penderita sering kesulitan saat buang air kecil.

Jika Anda merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan, itu artinya kadar asam urat dalam tubuh anda meningkat. Sebelum terlanjur parah, sebaiknya anda konsultasi ke dokter.

Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami

Buat Anda yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi asam urat tinggi, silahkan disimak ramuan obat tradisional asam urat berikut ini :

1. Ramuan alami cengkeh dan ubi jalar merah

Bahan-bahan yang mesti disiapkan adalah
- cengkeh 5 butir
- kapulaga 5 butir
- jari kayu manis 1 batang
- biji pala 5 gram
- jahe merah 15 gram
- 1000 ml air, dan
- ubi jalar 200 gram

Bagaimana caranya ? Caranya begini, semua bahan tadi direbus/godok ke dalam 1000 ml air, didihkan sampai tersisa setengahnya. Lalu disaring dan diminum airnya. Sementara, untuk ubi jalar bisa Anda makan secara langsung.

2. Ramuan Daun salam

Persiapkan bahan-bahannya :
10 lembar daun salam dan 2 gelas air putih.

Caranya mudah, rebus 10 lembar daun salam yang telah dibersihkan ke dalam 2 gelas air putih,  didihkan sampai tersisa 1 gelas saja. Kemudian airnya diminum secara rutin, sehari 2 kali.

3. Ramuan Buah Pare

Bahannya:
1 buah pare dan 2 gelas air putih.

Caranya ialah buah pare dibelah lalu buang biji buah parenya, habis itu cuci bersih buah parenya dan potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air. Didihkan sampai tersisa setengahnya, kemudian minum air rebusan pare tadi secara teratur 1 kali sehari sampai waktu yang diperlukan.

4. Ramuan daun cocor bebek, jahe dan cengkeh

Persiapkan bahan-bahannya :  
- 5 butir cengkeh,
- 4 lembar daun sosor bebek,
- 5 butir kapulaga,
- 1 jari kayu manis,
- 5 gram biji pala,
- jahe 10 gram, dan
- 600 ml air putih.

Caranya yaitu bersihkan semua bahan lalu rebus ke dalam 600 ml, didihkan sampai tersisa 300 ml air. Lalu saring air rebusan tadi, dan minum 3 kali sehari secara rutin. Pembagian 300 ml air ramuan tadi adalah 100 ml 3 kali.

Kemudian, Apa Saja Pantangan dan Anjuran Bagi Penderita Penyakit Asam Urat ?

Untuk mencegah peradangan yang lebih parah pada persendian, sebaiknya penderita asam urat mengikuti anjuran berikut ini:

Pantangan asam urat...!!!

1. Hindari mengkonsumsi jeroan (Hati, jantung, usus..dll),
2. Hindari konsumsi makanan laut,
3. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung extrak daging misalnya abon,
4. Hindari mengkonsumsi makanan kaleng,
5. Hindari mengkonsumsi daging, seperti daging kambing, sapi dan yang lain.
6. Hindari mengkonsumsi unggas, misalnya ayam, bebek dan kalkun,
7. Hindari mengkonsumsi kacangkacangan,
8. Hindari mengkonsumsi sayuran seperti bayam, jamur kuping, kembang kol, daun singkong, daun pepaya, asparagus, buncis, dan kangkung,
9. Hindari mengkonsumsi makan telur, es krim, keju,
10. Hindari mengkonsumsi buah misalnya nanas, durian, air kelapa,
11. Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan lemak,
12. Sebaiknya jangan minum Aspirin.

Adapun anjuran bagi sobat yang menderita penyakit asam urat antara lain dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat potasium tinggi, misalnya pisang, yogurt dan kentang. Lalu memperbanyak mengkonsumsi buah yang banyak mengandung  vitamin C, misalnya jeruk, mangga, pepaya, dan strowbery.

Sedangkan sayuran dan buah yang bisa dipergunakan untuk mengobati penyakit asam urat adalah blimbing wuluh, jahe, buah naga, sawi, labu kuning, tomat, dan serai.

Demikian artikel cara mengatasi penyakit asam urat  secara alami yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semoga yang sedang sakit asam urat lekas sembuh...aamiin.


loading...